Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Aktivitas Wisata Kesehatan yang Bisa Dicoba di Ubud

Wisata kesehatan tak sekedar aktivitas mengisi libur panjang Anda, tetapi juga banyak manfaat yang dapat dirasakan terutama dalam hal hidup sehat. Di wisata kesehatan, biasanya akan program-program kesehatan ditawarkan di hotel-hotel.

Banyak aktivitas dan treatment yang akan Anda lakukan di sana, seperti halnya spa, pilates, yoga, renang, hingga trekking. Tujuannya sendiri agar para wisatawan lebih rileks dan sadar akan pentingnya hidup sehat.

Salah satu hotel di Bali yang memiliki konsep fokus pada wisata kesehatan adalah Como Shambhala Estate Bali.

“Kita di sini konsepnya memang wellness, jadi ada enam program yang dapat diikuti. Tapi program yang akan diikuti tamu, akan didiskusikan dengan konsultan. Baru setelah itu tamu tahu apa saja treatment yang dibutuhkan,” kata Regional Director of Marketing Communication Como Shambhala Estate Bali, Lucia Dhenok, kepada KompasTravel saat ditemui di Como Shambhala Estate, Ubud, Bali, Jumat (15/12/2017).

Ayurverdic Programme

Program tersebut kata Lucia menggunakan ilmu pengobatan berasal dari India yang sudah berusia ratusan tahun untuk badan dan pikiran.

Treatment-nya sendiri dapat melalui dengan ayuverda yang dilakukan dengan rekomendasi dokter. Selain itu juga biasanya terapi yang dilakukan dalam program ini seperti meditasi, detox, dan spesial diet.

Lucia mengatakan, program ini biasanya dibutuhkan atau dilakukan oleh para atlet. Tujuan program ini sendiri ingin memotivasi agar para wisatawan yang memiliki masalah dapat bergerak lebih aktif dan hidup sehat.

Biasanya wisatawan akan disarankan untuk fitnes, pilates, konsultasi nutrisi, dan juga didampingi dengan pelatih.

Cleanse Programme

Program ini dilakukan untuk detoxifikasi tubuh atau membersihkan sistem tubuh, juga meluruhkan racun-racun. Wisatawan akan melakukan detox di bagian usus, ginjal, hati, dan kulit.

Biasanya jika wisatawan atau tamu mengalami permasalahan tersebut, akan direkomendasikan menggunakan obat herbal. Namun, tidak disarankan pada orang yang sedang melakukan pengobatan lain.

Program ini merupakan pengobatan tradisional oriental untuk kesehatan dengan keseimbangan fisik, emosi, dan sistem energi dari tubuh. Program ini dapat mengurangi stress, mencegah, dan menjaga dari penyakit juga bisa mengembalikan lagi dan kehidupan yang lebih baik.

Treatmentnya sendiri biasanya dengan akupuntur, obat herbal, terapi nutrisi, meditasi, dan latihan.

Rejuvenation programme

Berbeda dengan program lainnya, di sini tamu akan ditawarkan perawatan kecantikan dan spa. Kemudian juga melalui makanan yang sehat, sehingga pikiran positif membuat Anda terasa muda.

Nantinya, ada ahli gizi yang akan memberikan solusi nutrisi yang sesuai untuk meningkatkan berat badan, energy, kulit, hormonal, dan kesehatan pencernaan. Kemudian, wisatawan juga akan diberikan saran soal makanan mana yang bisa atau tidak bisa dikonsumsi, karena dapat berkontribusi dalam proses penuaan.

Stres dapat menghabiskan kadar mineral dalam tubuh yang bisa menyebabkan ketidakstabilan mental, kelelahan dan siklus tidur yang terganggu. Nantinya konsultan di sana akan membuatkan jadwal untuk melakukan terapi bagi Anda yang mengalami stress.

Beberapa diantaranya seperti terapi relaksasi, kegiatan di luar ruangan, dan hidup yang lebih baik dengan beramcam-macam teknik pikiran dan tubuh.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/17/110000227/6-aktivitas-wisata-kesehatan-yang-bisa-dicoba-di-ubud

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke