BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan OPPO
Salin Artikel

Liburan Tak Akan Terasa Mahal, kalau Tahu Manfaatnya...

Faktor biaya inilah yang sering kali menjadi penghambat untuk berlibur. Biaya transportasi, makan, penginapan, dan tiket masuk wisata menjadi keperluan wajib yang tak bisa dihindari. Belum lagi jika mesti menyiapkan oleh-oleh untuk sahabat dan keluarga di rumah.

Namun, semua biaya itu tak akan terasa mahal jika kita menyadari bahwa liburan memberi manfaat yang luar biasa, terutama untuk kesehatan.  
Diwartakan Kompas.com, Jumat (23/10/2017), manfaat terbesar berlibur adalah dapat meningkatkan mood yang akhirnya menurunkan tingkat stres sehingga kesehatan tetap terjaga.

"Mengambil waktu liburan sendiri atau bersama keluarga akan menurunkan tingkat stres kita, dan melepaskan semua hormon stres yang berakibat buruk bagi kesehatan mental dan fisik kita," kata psikiater dari American College of Emergency Physicians, dr Leigh Vinocur.

Anggapan Leigh juga dikuatkan oleh Dr Margaret J King, Direktur Center for Cultural Studies & Analysis. Ia memaparkan, banyak perubahan psikologis yang terjadi saat seseorang berpindah dari rumah atau kantornya ke "tempat ketiga" yang belum diketahui untuk merasakan pengalaman baru.

"Manusia selalu menginginkan hal-hal baru, dan traveling menawarkan paket lengkap karena bisa melihat wajah baru, mendengar suara, dan menikmati pemandangan yang belum pernah dilihat sebelumnya," kata Margaret.

Manfaat-manfaat inilah yang kemudian membuat orang beranggapan bahwa traveling adalah investasi masa depan.

Ketika sudah berada di rumah, pengalaman traveling yang lalu akan meninggalkan banyak kenangan dan kemampuan baru—seperti rasa percaya diri, wawasan yang luas, cara pandang dan teman baru, serta hal-hal lainnya yang membuat kita lebih bahagia.

Hal-hal ini tidak hanya terasa dalam jangka waktu yang pendek, tetapi juga membuat kita lebih puas, bahagia, dan rileks dalam jangka waktu yang panjang.

Mengingat banyaknya manfaat traveling, hal tersebut tentu membuat kita merasa bahwa berapa pun biaya yang dibayarkan akan setimpal untuk pengalaman luar biasa itu.

Sama dengan pemenuhan kebutuhan lainnya, kebutuhan berlibur juga harus diusahakan dan membutuhkan perjuangan yang tidak ringan. Salah satu perjuangan yang harus dipersiapkan adalah menabung.

Disarankan untuk menyisihkan setidaknya 20 persen dari gaji untuk ditabung.  Kunci untuk menabung adalah konsistensi. Agar lebih terfokus, gunakanlah rekening terpisah untuk tabungan liburan Anda.

Untuk informasi lengkap, Anda bisa mengklik tautan ini. 

https://travel.kompas.com/read/2017/12/18/172221027/liburan-tak-akan-terasa-mahal-kalau-tahu-manfaatnya

Bagikan artikel ini melalui
Oke