Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Festival Durian Terheboh Sepanjang 2017

Rangkaian acara berbagai festival durian ini pun unik, mulai lomba gunungan durian, lomba durian unggul, lelang durian, dan tentu makan durian sepuasnya.

Berikut KompasTravel rangkum dalam kaleidoskop 2017, tujuh festival durian besar dari berbagai daerah di Indonesia.

1. Festival Durian Lolong, Pekalongan

Desa Lolong cukup terkenal akan hasil duriannya. Hampir setiap tahun para petani di sini mengadakan acara untuk memasarkan hasil panennya.

Tak terkecuali tahun 2017, Festival Durian Lolong digelar 2-3 Desember 2017. Beragam acara pun digelar, seperti makan durian sepuasnya, lelang durian unggul, parade durian, hingga berburu langsung ke kebun durian.

Animo masarakat pecinta durian di Bogor tak kalah dengan warga di daerah lain. Buktinya setiap tahun selalu ada festival ataupun bazar durian, lebih dari satu kali dalam se tahun.

Tahun ini di Bogor mengadakan Bazar Wisata Durian dari 20 November sampai 3 Desember 2017. Meski Bogor punya durian rancamaya yang jadi andalan, tapi ada 10 lebih durian dari daerah lain juga disajikan di sini.

3. Festival Durian Yogyakarta

Yogyakarta memang tak hanya pesona Malioboronya, durian lezat pun ada di hutan-hutannya. Kelezatannya bisa kita temui saat Festival Durian Yogyakarta, yang menyajikan lebih dari 400 durian unggul daerah tersebut.

Digelar di Jogja Paradise Food Court, Jalan Magelang KM.6, pada 10 Desember 2017. Salah satu bagian acara yang disesaki pengunjung ialah, makan durian sepuasnya hanya dengan Rp 50.000.

Selain Bogor, Majalengka juga terkenal jadi penghasil durian unggul di Jawa Barat. Tepatnya berada di Desa Sindangwangi, panen raya 2017 diikuti acara Festival Durian Sindangwangi 2017.

Acara yang diselenggarakan pemerintah kecamatan Sindangwangi ini bertujuan mendongkrak wisatawan ke Majalengka di akhir tahun. Acara tahunan ini diramaikan dengan berbagai konten acara, mulai makan durian sepuasnya, orkes panen raya, makanan olahan durian, hingga pembibitan durian.

5. Grebeg Duren, Purworejo

Salah satu desa wisata di Purworejo, yaitu Desa Wisata Kaligono merupakan lumbung durian di kota ini. Setiap tahunnya ada syukuran setelah panen raya, yaitu Grebeg Duren.

Dalam Grebeg Duren Desa Kaligono ini menampilkan gunungan-gunungan durian yang dilombakan, juga lelang durian unggul, bazar durian, dan tentu makan durian sepuasnya. Acara tersebut telah digelar 9 Desember 2017.

Mau lihat durian-durian jagoan Semarang? Coba saja datang ke acara ini setiap tahunnya. Di tahun 2017, Festival Durian menyatu dengan pameran buah lainnya, menjadi Semarang Horti Expo.

Meski bercampur dengan buah lain, Anda tetap bisa merasakan lezatnya durian monti dari Gunung Pati, lalu ada durian brongkol, durian era, dan banyak lagi jawara durian Semarang.

7. Durian Fair Blok M, Jakarta

Saatnya ibu kota, di tahun 2017 tak kurang dari tiga kali acara festival durian digelar di Blok M Square.

Animo masyarakatnya, jangan ditanya. Setiap akhir pekan, festival durian di sini baru bisa tutup pukul 01.00, jauh setelah Mall tersebut tutup pukul 10.00 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/19/095000527/7-festival-durian-terheboh-sepanjang-2017

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+