Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Susur Mangrove Makin Asyik, Ini Buktinya...

KompasTravel sempat menyusuri wisata susur mangrove yang ada di Desa Kaliwingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, tengah pekan ini. Lokasi wisata yang strategis dari pusat kota Brebes menjadikan lokasi ini menjadi salah satu destinasi favorit berwisata.

Pintu selamat datang akan menyambut anda di gerbang masuk. Untuk masuk di lokasi ini, anda diminta membayar Rp 15.000 per orang di hari biasa atau Rp 20.000 per orang di hari libur.

Untuk dapat menyusuri mangrove, Anda harus sampai di dermaga terlebih dulu. Di lokasi ini, anda akan disambut dengan perahu nelayan yang siap mengantarkan wisatawan menyusuri mangrove, menikmati destinasi yang ada di dalamnya. Anda pun disuguhi semilirnya angin laut dipadu pemandangan alamnya.

Setelah puas menyusuri, anda diajak untuk ke dermaga di tengah laut bernama Mangrove Sari. Di lokasi ini, selain dibangun wahana yang menarik, wisatawan juga dapat menyusuri mangrove dengan berjalan kaki.

Setelah puas, anda juga akan diantar kembali melalui kapal yang sama untuk sampai di dermaga awal.

Wisata Mangrove ini dikelola secara swadaya oleh Pokdarwis Desa Kaliwingi. Ada 58 pegawai yang terlibat dalam pengelolaan wisata ini. Uniknya, mangrove ini dulunya adalah bekas tambak, namun rusak karena dihantam oleh ombak.

Warga dibantu Direktorat Pesisir dan Lautan Kementerian Kelautan dan Perikanan melakukan rehabilitasi hayati di lokasi wisata. Hingga saat ini, kawasan ini terus direhabilitasi, sembari menjadikan kawasan ini sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Brebes.

“Ini wisata indah sekali. Saya minta kebersihannya dijaga, kulinernya kalau bisa semua dari olahan laut. Pengelolaannya juga harus profesional. Satu lagi, kalau bisa suvenirnya diperbanyak,” pesannya.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/23/170500927/wisata-susur-mangrove-makin-asyik-ini-buktinya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke