Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Destinasi Wisata di Lampung untuk Berlibur Akhir Tahun

Akhir tahun tentu menjadi momen yang tepat untuk Anda dan keluarga Anda untuk berjelajah dan berpetualangan. Tentunya Lampung bisa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata untuk mengisi liburan akhir tahun Anda. Banyak sekali spot wisata yang bisa Anda sambangi di kota ini.

Berikut Kompastravel himpun 7 obyek wisata wisata favorit yang bisa sambangi saat berlibur akhir tahun.

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) merupakan Taman Nasional tertua di Indonesia. Taman Nasional ini terletak di ujung selatan Sumatera atau 110 km dari Bandar Lampung. Di tempat ini, dikenal sebagai salah satu lokasi konservasi gajah dan tempat pelatihan gajah. Anda akan menemui kurang lebih 200 gajah Sumatera yang berkeliaran.

Gunung Anak Krakatau ini menyimpan potensi keindahan alam yang menakjubkan. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan, mulai trekking dari tepi pantai menuju ke Gunung Krakatau melewati hutan. Saat Anda trekking melewati hutan, Anda akan melihat keindahan hutan dengan latar pemandangan Gunung Anak Krakatau.

Untuk bisa mencapai Gunung Anak Krakatau, Anda bisa menggunakan transportasi laut, seperti speed boat atau kapal kayu nelayan dari Kalianda (Lampung Selatan) atau Anyer (Banten). Anda akan menempuh perjalanan selama 1,5 jam jika ombak relatif lebih kecil.

Tersembunyi di ujung Pulau Sumatera, sekitar 80 kilometer dari Kota Bandar Lampung, Teluk Kiluan kini menjadi spot destinasi yang diincar para wisatawan. Mirip seperti Pantai Lovina di Bali, Teluk Kiluan juga menyajikan atraksi lumba-lumba yang melompat di perairan  terbuka Teluk Kiluan.

Lumba-lumba yang akan menghampiri kapal Anda adalah lumba-luma jenis hidung botol (Tursiops aduncus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris).

Untuk bisa menemui lumba-lumba ini harus berangkal pukul 06.00 dengan kapal ketinting. Lama perjalanan menuju tengah laut sekitar 1 jam. Nah, jika sudah ke tengah laut siap-siaplah untuk dapat kejutan siapa tahu lumba-lumba ini muncul berenang di samping kapal ketinting Anda.

Pantai Tanjung Setia terkenal di kalangan wisatawan asing karena spot selancar. Pantai ini ibarat tempat rahasia yang menawan. Banyak sekali titik selancar yang menarik dan menantang.

Berbagai aktivitas seru bisa Anda lakukan. Selain berselancar, Anda juga bisa berenang, menyelam, berperahu, berlayar, snorkeling, memancing, berjemur matahari, menyusuri pantai, mengumpulkan karang dan berfoto. Di sekitar lokasi juga tersedia beberapa cottage sehingga para wisatawan tak kesulitan untuk mencari tempat menginap.

Untuk menjangkau lokasi, Anda bisa menempuh perjalanan darat dari Bandar Lampung sejauh 273 km dan dari Liwa berjarak 52 km.

Taman Nasional Bukit Barisan merupakan salah satu tempat konservasi baik untuk hutan hujan tropis maupun satwa-satwa liat yang berhabitat di TNBBS. DI taman yang membentang seluas 356.800 hektar, Anda bisa menemui berbagai satwa paling langka dan kharismatik yaitu badak, gajah, dan harimau sumatera. Ada juga beberapa spesies tanaman langka seperti Rafflesia Arnoldi.

Danau Ranau menjadi salah satu obyek wisata favorit yang dihadirkan di Lampung. Tempat ini terkenal karena pemandangan yang menghampar luas. Saat mampir ke lokasi ini, terlihat Gunung Seminung yang menghiasi latar belakang pemandangan di Danau Ranau.

Di sana juga tersedia kolam pemandian air panas. Anda bisa berendam air panas sambil menikmati pemandangan Gunung Seminung yang cantik. Tak ketinggalan, berbagai fasilitas sepeti kios makanan juga tersedia untuk memudahkan Anda.

7. Monumen Siger

Bila Jakarta memiliki Monas, Bandung memilik Gedung Sate, atau Bali memiliki Garuda Wisnu Kencana, maka Lampung menyambut tamunya dengan Menara Siger di Bukit Bakauheuni. Banyak wisatawan menyematkan predikat titik nol jalur lintas Sumatera kepada Monumen Siger.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/24/220000627/7-destinasi-wisata-di-lampung-untuk-berlibur-akhir-tahun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke