Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencicipi Sate Blengong, Kuliner Khas Brebes Incaran Para Pejabat

Ya, kuliner yang tersaji dari daging blengong tidak saja favorit warga setempat, namun kini menjadi incaran para pejabat ketika berkunjung ke ujung barat Jawa Tengah itu.

KompasTravel akhir pekan lalu ikut mencicipi gurihnya sate khas Brebes ini. Dari bentuk fisiknya, sate blengong secara umum hampir sama dengan sate lainnya.

Hanya saja, sate ini mempunyai ukuran yang lebih panjang dari sate umumnya. Daging yang dipakai pun khusus, yaitu blengong, perpaduan antara bebek dan mentok.

Olahan sate blengong pun sudah menjadi resep turun temurun bagi Bu Mulyana. Sudah 37 tahun warung sederhana menyajikan sate blengong tiap hari.

Olahan sate dari kedai ini terasa menggiurkan di lidah. Warna dan tekstur sate begitu menggoda. Sate dari bu Mulyana biasanya disajikan menggunakan lontong, lalu diberi kuah dan potongan kerupuk.

Kepopuleran sate blengong memaksa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono dan Pangdam Diponegoro Mayjen Wuryanto mampir di kedai yang berada tepat di alun-akun Kabupaten Brebes ini.

Bahkan, menurut pria 49 tahun ini, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri sampai ketagihan dengan sate itu. Maka, beberapa kali sate khas Brebes itu dikirim ke Jakarta.

"Bu Megawati saja ketagihan ketika disuguhkan makanan ini, bahkan ini dikirim ke beliau," tambahnya.

Untuk satu porsi sate blengong, harga juga relatif terjangkau. Untuk satu porsi nasi/lontong, kuah dan satu tusuk sate dihargai Rp 14.000. Jika ditambah 2 sate harganya menjadi Rp 21.000. Murah, bukan?

Jika Anda singgah di Brebes, sempatkanlah cicipi kuliner khas itu, selain nanti di sepanjang jalan dapat memborong oleh-oleh berupa bawang merah dan telur asin berbagai olahan.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/26/170900627/mencicipi-sate-blengong-kuliner-khas-brebes-incaran-para-pejabat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke