Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

City Tour di Banyuwangi? Kunjungi Tempat-tempat Ini

Ada wisata City Tour yang digarap Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang tidak kalah menariknya untuk dicoba. Bahkan salah satunya adalah rumah dinas Bupati Banyuwangi. Cek ya...

1. Pendopo Shaba Swagata Blambangan

Pendopo shaba Swagata Blambangan adalah rumah dinas Bupati Banyuwangi yang berada tepat di tengah kota Banyuwangi dan usianya sudah ratusan tahun.

Walaupun rumah dinas bupati, tempat yang asri ini terbuka untuk wisatawan yang ingin berkunjung tentunya harus mengikuti aturan yang ada salah satunya adalah izin dengan penjaga di bagian depan serta menggunakan baju yang rapi dan sopan serta mengisi buku tamu.

Pengunjung yang datang akan ditemani oleh Satpol PP yang bertugas atau pekerja urusan rumah tangga untuk berkeliling rumah dinas Bupati Banyuwangi serta menjelaskan bagian dari pendopo Shaba Swagata Blambangan yang cukup bersejarah. Mereka sudah dilatih untuk menjadi guide bagi wisatawan yang datang.

Di bagian depan terdapat pendopo yang cukup besar dan luas dengan aristektur kuno sedangkan bagian belakang lebih terbuka dan asri. Terdapat "Bukit Teletubbies", bukit kecil yang di dalamnya adalah kamar-kamar yang difungsikan untuk menginap bagi para tamu.

Arsitek Adi Purnomo yang membangun bangunan itu menamainya green house. Atap dan dinding yang dilapisi tanah berumput membuat ruangan tetap sejuk kendati tidak menggunakan pendingin ruangan.

Jika beruntung, wisatawan yang datang ke Pendopo Shaba Swagata Blambangan bisa bertemu langsung dengan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas untuk diajak selfie.

2. Masjid Agung Baiturahman

Masjid Agung ini bersebelahan dengan Pendopo Shaba Swagata Blambangan dan menjadi masjid terbesar dan tertua di Kabupaten Banyuwangi yang bisa menampung 5.000 orang. Masjid ini dibangun pada masa Bupati Banyuwangi pertama Mas Alit pada 7 Desember 1772 dan sudah mengalami beberapa kali renovasi.

Selain itu ada juga Al Quran raksasa yang selalu digunakan untuk tadarus setiap bulan Ramadhan dan diletakkan di lantai dua. Tepat di depan masjid Agung Baiturrahman ada Taman Sritanjung untuk bersantai serta menikmati makanan dan minuman serta sering digunakan untuk berkumpul bersama kerabat atau keluarga

3. Kali Lo

Kali Lo adalah nama sungai yang membelah kota Banyuwangi. Letaknya tepat di belakang Masjid Agung Baiturrahman. Ada spot foto yang menarik dengan latar belakang pinggiran sungai yang dicat warna warni.

Cerita tutur di masyarakat Banyuwangi, nama Lo berasal dari nama perempuan yang bernama Luh yang selalu menunggu suaminya pulang dari berperang. Dia sepanjang hari menunggu di tepi sungai besar yang mengalir ke Selat Bali.

Luh tidak pernah tahu jika suaminya telah gugur dalam peperangan. Hingga saat ini tempat itu dikenal dengan nama Luh Kanti atau dalam bahasa Indonesia berarti Luh yang menunggu

4. Kelenteng Hoo Tong Bio

Kelenteng Ho Tong Bio berada di di jalan Ikan Gurami 54, di tengah perkampungan Kelurahan Karangrejo, Banyuwangi. Kelenteng Hoo Tong Bio merupakan tempat peribadatan umat Khonghucu yang tertua di Jawa Timur dan Bali yang dibangun pada tahun 1784.

Saat ini Kelenteng Hoo Tong Bio sudah dibangun kembali dan tetap menarik untuk dikunjungi wisatawan.

5. Pantai Boom

Pantai Boom Banyuwangi berada tepat di tengah kota Banyuwangi, tepatnya di Kampung Mandar. Pantai ini cocok sekali dikunjungi untuk melihat sunrise karena langsung menghadap ke Selat Bali. Dengan pasir hitam, Pantai Boom ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

6. Pantai Cacalan

Berada di wilayah Kota Banyuwangi sebelah utara, akses menuju Pantai Cacalan yang berada di Lingkungan Sukowidi, Kelurahan Klatak cukup mudah diakses. Di pantai yang berpasir hitam, pengunjung bisa bersantai bersama dengan kerabat atau keluarga.

Di Pantai Cacalan juga terdapat kuda yang bisa disewa untuk berjalan-jalan di tepi pantai. Pengunjung juga bisa bermain di air laut.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak bisa berlibur jika berkunjung ke banyuwangi yang berada di ujung timur Pulau Jawa.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/28/081400727/city-tour-di-banyuwangi-kunjungi-tempat-tempat-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke