Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Saksikan Ratusan Bendera Unik? Datanglah ke Lereng Gunung Lawu

Sebuah pergelaran festival bendera sebagai sebuah benda budaya yang kreatif dan ikonik akan digelar di terasering persawahan Desa Gardu, Kecamatan Karangpadan tepat di lereng dan lembah Gunung Lawu.

"Beragam bendera nanti akan dipamerkan dengan display yang unik dan menarik pada landscape alam terbuka. Lokasinya berada pada sebuah terasering persawahan Desa Gerdu yang menakjubkan di lereng dan lembah pegunungan Gunung Lawu," ujar Irul Hidayat, salah satu panitia Festival Bendera kepada Kompas.com, Rabu (27/12/2017) sore.

Irul mengatakan festival ini diselenggarakan selama dua hari, Sabtu (30/12/2017) dan Minggu (31/12/2017). Festival dimulai jam 10.00 hingga selesai pada pukul 17.00.

Rutenya dari gapura Desa Salam yang berada di jalan Solo-Tawangmangu, setelah patung semar.

Parade arak-arakan bendera itu, lanjut Irul, nantinya menuju ke Tuk Ndero menyusuri jalan di Desa Salam dan Desa Gerdu. Di dua desa itu, penonton akan disuguhi keasrian alam dan pohon-pohon buah budidaya warga setempat seperti durian, alpukat dan manggis.

"Suasana dan alam desa yang rapi dan bersih akan menghadirkan sebuah pengalaman tersendiri dan menyenangkan bagi para pengunjung," kata Irul.

Menurut Irul, festival ini berangkat dari kesejarahan dan cerita rakyat setempat mengenai sebuah tempat bernama Puntuk Gendero yang diartikan juga sebagai Bukit BenderaI di Desa Gerdu, Karangpandan, Karanganyar.

Tempat itu menjadi lokasi Pangeran Sambernyowo atau RM Said seorang pahlawan nasional, pendiri Pura Mangkunegaran sekaligus Mangkunegoro 1 menancapkan bendera kebesarannya sebagai sebuah simbol perjuangannya.

Tak hanya arak-arakan dan pameran bendera, lanjut Irul, festival workshop kreasi bendera, workshop kreasi janur untuk pemberdayaan potensi desa setempat.

Selain itu digelar workshop batik colet dan jumputan, workshop fotografi, workshop berbasis lingkungan yaitu workshop banyu udan (mengolah air).

Festival dipastikan akan semakin menarik dengan tampilnya seni pertunjukan musik, tari, fashion show dan performance art lainnya dari luar daerah dan potensi seni tradisi desa sekitar.

********************

Mau merasakan liburan seru ke pulau cantik yang kaya budaya, keindahan bahari dan alam pegunungan selama 4 hari 3 malam? Ikuti photo competition "Unforgettable Journey". Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, dan beragam aktivitas seru. Tak lupa, menangkan hadiah smartphone OPPO F5! Klik link ini.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/28/131800627/ingin-saksikan-ratusan-bendera-unik-datanglah-ke-lereng-gunung-lawu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke