Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Liburan ke Bekasi? Mari Santap Kuliner Gabus Pucung

KompasTravel mencoba makanan gabus pucung yang ada di Bekasi. Salah satu kedai yang menjual gabus pucung di Bekasi adalah Pondok Gabus Lukman. Letaknya dekat dengan Stadion Patriot Chandrabhaga, di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Sejak pukul 11.00 WIB kedai ini pun sudah ramai didatangi pengunjung. Beberapa kali saya melihat pengunjung memesan satu porsi pucung gabus yang dinikmati bersama sepiring nasi.

Sambil menunggu bergantian untuk bisa makan di sana, KompasTravel pun melihat beberapa menu yang disajikan. Diantaranya ada lele goreng, ikan mas goreng, sop ayam, sop kambing, semur jengkol, tahu goreng, tempe goreng, sambal, dan lalapan.

Saat memesan biasanya penjual akan menanyakan pada pembeli ingin memilih ikan dengan bagian kepala, tengah, atau ekor. Saya pun memilih bagian tengah ikan dan tak lama makanan tersebut pun siap dihidangkan dan disantap.

Dalam satu piring tersebut, terdapat sepotong ikan yang dilengkapi dengan kuah berwarna hitam seperti rawon dan kekuningan.

Setelah itu, saya mulai memotong bagian ikan gabus serta menyeruput kembali kuahnya. Ikan gabus begitu lembut dan sesekali terdapat duri kecil, tetapi tak terlalu banyak.

“Gabus pucung itu memakai ikan gabus. Kuahnya sendiri dinamakan pucung. Ya kalau di Jawa disebutnya kluwak, tapi kalau Betawi menyebutnya pucung,” ujar pemilik Pondok Gabus Lukman, Haji Lukman saat ditemui di kedainya yang berada di Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/12/2017).

Ia menjelaskan, kuah pucung ini terdiri dari tumbukan jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, daun salam, sereh, rempah-rempah, asam, dan pucung atau kluwak. Setelah ditumbuk, semua bumbu digoreng terlebih dahulu kemudian dimasak ditambahkan air.

Ikan gabus yang sudah matang, nantinya tidak langsung disatukan ke dalam kuah pucung. Menurut Lukman, ikan gabus mudah sekali terurai. Maka dari itu, ikan gabus akan dicampur dengan kuah pucung ketika akan dihidangkan ke pengunjung.

Akan tetapi, harga tersebut belum termasuk harga satu porsi nasi. Jika Anda ingin menyantap gabus pucung dengan nasi, maka harus menambah seharga Rp 7.000.

Setiap harinya, Lukman mengaku dapat menjual hingga 20 kilogram ikan gabus yang digunakan untuk menu gabus pucung.

Penasaran mencoba kuliner gabus pucung di Bekasi? Anda bisa mampir ke kedai ini yang dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

*********

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5. 
 
Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Silakan cek informasinya di sini.

https://travel.kompas.com/read/2018/01/05/211000727/liburan-ke-bekasi-mari-santap-kuliner-gabus-pucung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke