Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melihat Fasilitas di Perpustakaan Nasional RI

Perpustakaan Nasional RI yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat menjadi tempat yang layak untuk membaca, mencari referensi, dan mengerjakan tugas.

"Dulu, ini hanya tiga lantai, enggak ada yang mau datang ke sini. Sekarang 27 lantai plus satu lantai basement. Jadi enggak kaget kalau gedung ini tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan," ujar Jokowi saat meresmikan gedung Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2017).

Saat memasuki halaman depan perpustakaan, kebanyakan akan bingung karena yang tampak adalah rumah lawas satu tingkat. Inilah yang lobi awal Perpustakaan Nasional RI yang lama. Rumah tersebut kini dijadikan ruang pameran berbagai instalasi seni yang menarik. 

Lantai dua terdapat pusat informasi, pembuatan kartu anggota, dan loker penitipan tas. Jangan lupa mampir ke lantai dua, karena untuk membaca di Perpustakaan Nasional RI dilarang membawa tas. Kartu anggota juga berfungsi untuk peminjaman buku langsung atau mengakses buku lewat online. 

Setiap lantai di Perpustakaan Nasional RI mencerminkan koleksi buku tersebut. Misalnya pada lantai 14 terdapat koleksi buku langka, kemudian lantai 21-24 terdapat koleksi buku umum. Di lantai teratas, lantai 24 juga terdapat executive lounge dan menjadi tempat yang tepat untuk melihat panorama areal Monas. 

Bagi yang ingin menunaikan ibadah shalat tersedia mushala di lantai enam. Sedangkan di lantai tujuh terdapat kantin. Dilarang bersantap di Perpustakaan Nasional RI, kecuali di kantin.

Perpustakaan Nasional RI terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Untuk menuju ke sana dapat menumpang Transjakarta tujuan Pulo Gadung dan berhenti di Halte Balai Kota. Gedung Perpustakaan Nasional RI tepat di seberang halte Transjakarta.

******************

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5.

Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Klik link ini.

https://travel.kompas.com/read/2018/01/07/220900327/melihat-fasilitas-di-perpustakaan-nasional-ri

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke