Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Perbedaan Ayam Geprek di Yogyakarta dan Jakarta, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com – Ayam geprek kini menjadi hidangan yang kekinian. Digemari semua kalangan mulai dari muda hingga tua. Walaupun identik dengan hidangan yang cukup pedas tetapi penggemar ayam geprek tak kunjung surut.

Dari namanya ayam geprek, tentu sudah terbayang di kepala Anda bahwa ayam yang satu ini akan digeprek hingga hancur kemudian dicampur dengan ulekan. Jika di Jakarta ayam geprek identik dengan lelehan keju di atasnya, ayam geprek di Yogyakarta dihidangkan dengan kuah tongseng sebagai pendamping.

Penasaran perbedaan apa lagi yang dihadirkan ayam geprek Jakarta dan ayam geprek Yogyakarta? Berikut simak 4 keunikan ayam geprek Yogyakarta :

1. Berbagai pilihan sambal

Ayam geprek di Jakarta hanya dihidangkan dengan satu jenis sambal yaitu sambal bawang. Berbeda dengan ayam geprek di Yogyakarta yang diberikan beberapa varian sambal sesuai selera.

Anda mulai sambal bawang, sambal tomat dan terasi. Cabainya pun bisa Anda ambil dan pilh sendiri sesuai selera Anda.

Ayam geprek di Yogyakarta ditempatkan di warung-warung tenda yang berdiri di pinggir jalan. Benbentuk sederhana, namun masalh rasa tak usah diragukan.

Biasanya Anda bisa menemukan berbagai macam warung ayam geprek di Jalan Wulung, Cokroaminoto, Yogyakarta.

Ayam geprek Yogyakarta identik dengan warung tenda dengan modelan prasmanan. Anda diharuskan untuk mengambil sediri nasi, dan memilih langsung ayam yang ingin digeprek.

Cabainya pun Anda pilih langsung sesuai selera Anda. Mulai 1 cabai hingga 20 cabai bisa Anda pilih sesuai selera Anda.

Umumnya, ayam geprek di Yogyakarta dihadirkan dengan lauk-lauk bak warteg. Mulai dari sop kuah, gorengan, sayur, gorengan, tahu dan tempe lengkap tersedia. Anda tinggal memilih sesuai selera Anda.

Beberapa ayam geprek di Yogyakarta menghadirkan kuah tongseng sebagai pendamping. Salah satunya warung ayam geprek Bu Nanik dan ayam geprek Bu Made. Kuah tongseng sendiri merupakan rebusan kaldu yang diberi jahe. Disantap bersama ayam geprek terasa nikmat!

******************

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5.

Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Klik link ini.

https://travel.kompas.com/read/2018/01/10/120000427/4-perbedaan-ayam-geprek-di-yogyakarta-dan-jakarta-apa-saja-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke