Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Waktu Terbaik Melihat Rafflesia Arnoldii?

Bunga langka ini keberadaannya masih sangat terbatas dan sulit dikembangbiakkan. Walaupun langka, dapat ditemukan di beberapa hutan, kebun raya, dan Taman Nasional di Sumatera, Banten, juga Jawa Barat, untuk beberapa waktu.

"Rafflesia itu sangat sulit ditentukan, karena sporadis (mendadak) tumbuhnya. Tapi kalau dulu di Pangandaran ada itu peak seasonnya Juni, Juli, Agustus," terang Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Khusus Rafflesia dan Anggrek di Kebun Raya Bogor, Sofie Mursidawati saat dihubungi KompasTravel, Selasa (9/1/2018).

Menurutnya, di daerah Pangandaran, Jawa Barat terdapat lokasi Rafflesia patma yang memiliki peak season atau masa-masa subur bunga tersebut mekar.

Bunga rafflesia memang akan kembali ke karakternya yang sporadis atau tidak bisa diprediksi kapan akan mekar dan kapan akan mati. Bahkan selama ini tidak ada angka pasti usia kematian bunga tersebut karena sangat bergantung pada inangnya.

"Tidak bisa ditentukan lagi, karena rafflesia itu amat tergantung sama inangnya. Kalau inangnya sehat maka tumbuh sampe tuntas (berbunga), kalau sakit ya ikut mati," ucapnya yang sudah sejak 2004 fokus meneliti bunga rafflesia.

Ia juga menambahkan, waktu yang tepat untuk bunga tersebut tumbuh hingga mekar ialah saat nutrisi di tumbuhan inang terjaga. Dalam inang tidak ada banyak parasit lain, termasuk rafflesia lainnya.

Jadi jika ingin melakukan kunjungan wisata, cobalah menanyakan pihak setempat terlebih dahulu tentang keadaan bunganya. Sofie menyarankan kepada wisatawan untuk dikabari oleh pihak setempat jika bunga tersebut menunjukan pesonanya.

Menurutnya, bunga rafflesia yang mekar seringkali ada di habitat aslinya. Seperti beberapa lokasi di Bengkulu lalu di Pangandaran dan sekitar Jawa Barat untuk Rafflesia patma.

"Tapi ingat untuk pahami dulu tata caranya, jangan sembarangan sehingga merusak habitatnya," tutup Sofie.

******************

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5.

Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Klik link ini.

https://travel.kompas.com/read/2018/01/11/200000127/kapan-waktu-terbaik-melihat-rafflesia-arnoldii-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke