Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Promosikan Wisata Asian Games di ASEAN Tourism Forum 2018

Indonesia mengikuti ATF 2018 pada 22-26 Januari, yang digelar di Chiang Mai International Exhibition and Convention Centre (CMECC), Thailand.

Dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Minggu (21/1/2018), Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, I Gde Pitana memaparkan, tahun ini Indonesia menampilkan paviliun seluas 182 meter persegi, dengan kapasitas 21 stan pameran, yang menonjolkan Pelayanan Informasi Pariwisata dan Asian Games 2018.

"Tahun ini kita menjadi tuan rumah Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Ajang ini akan kita manfaatkan," ujar I Gde Pitana.

Ia meminta agar para seller mereview dan mempromosikan destinasi yang akan menjadi penyelenggara pesta olahraga se Asia tersebut.

“Sedikitnya ada 24.000 wisatawan olahraga yang akan ke Palembang, Jakarta dan Bandung,” kata Arief Yahya.

Mereka adalah atlet, official, penonton, supporter, dari negara-negara peserta Asian Games itu.

Arief Yahya juga menambahkan keikutsertaan Indonesia di ATF 2018 sangat penting dan strategis. Industri pariwisata itu mirip dengan telekomunikasi dan transportasi.

Menurutnya proximity atau kedekatan itu sangat menentukan sukses tidaknya sebuah program. Bisa kedekatan geografis atau jarak, juga bisa kedekatan budaya atau kultural. "ASEAN itu ya dekat di jarak, juga akrab di budaya," kata Arief Yahya.

ATF merupakan usaha regional untuk mempromosikan kawasan ASEAN sebagai satu destinasi wisata. Ajang tahunan ini melibatkan semua sektor industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam ditambah tiga negara di Asia yakni China, India, dan Korea.

https://travel.kompas.com/read/2018/01/23/072100127/indonesia-promosikan-wisata-asian-games-di-asean-tourism-forum-2018

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke