Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Berkunjung ke Kuil Thailand

Dari beberapa peraturan yang ada di kuil Thailand, ada beberapa hal yang cukup unik. Ini berkaitan dengan kearifan lokal warga di sini.

Larangan umum yang tidak boleh dilakukan saat di kuil, seperti dilarang merokok, mencuri, membawa senjata tajam, berteriak, membawa narkoba, dan lain seperti pada umumnya.

Sedangkan ada 6 peraturan khusus yang Anda harus tau dan patuhi, berikut KompasTravel rangkum, saat berkujung bersama Tourism Authority of Thailand.

1. Menghadapkan telapak kaki ke depan

"Dalam tatakrama Budha di Thailand, telapak kaki hanya untuk dihadapkan ke tanah, atau menginjak sesuatu," ujar salah satu pemandu wisata dalam program Familiarization Trip Thailand Authority of Thailand (TAT), Khun Suree, Rabu (24/1/2018).

Saat Anda duduk di kuil, sangat diperhatikan posisi telapak kaki tersebut. Telapak kaki dilarang menghadap ke depan, atau ke arah Budha.

Posisi duduk seperti selonjor amat dilarang. Paling baik, jika posisi duduk dengan telapak kaki menghadap ke belakang.

2. Memakai topi

Selayaknya tata krama di Indonesia yang kurang sopan mengenakan topi di dalam ruangan, di sana bahkan sudah menjadi larangan.

Dalam papan pemberitahuan kuil, wisatawan dilarang mengenakan topi, juga ikat kepala.

Memanjat bangunan untuk duduk ataupun berfoto di kuil hingga candinya amat dilarang. Tak hanya akan membuat bangunan rusak, tetapi juga sangat tidak sopan.

"Ya duduk diatas bangunan dinilai amat tak sopan di sini," terang Khun Suree pada KompasTravel.

4. Pakaian lengan pendek

Salah satu yang banyak dilanggar wisatawan ialah baju dengan lengan yang pendek. Pendek di sini diartikan lengan baju berada di atas siku, bahkan tidak berlengan baju.

Melepas sepatu saat memasuki kuil juga jadi hal yang wajib dilakukan. Wisatawan hanya boleh menggunakan sandal atau sepatu, hingga batas pintu bangunan kuil.

6. Berpelukan

Aktivitas bermesraan juga dilarang di area kuil, seperti berpelukan dan ciuman. Bahkan ini dilarang bukan hanya di dalam bangunan, tapi di area kuil yang terdapat lebih dari tujuh bangunan.

https://travel.kompas.com/read/2018/01/25/150000027/jangan-lakukan-6-hal-ini-saat-berkunjung-ke-kuil-thailand

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke