Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kopi dan Jamu Indonesia Ludes Diserbu di ATF 2018 Thailand

Gelaran ATF selain menjadi ajang kerjasama wisata, juga ajang unjuk gigi potensi negara. Termasuk Indonesia yang memperkenalkan kopi, jamu, hingga treatment massage-nya.

Di hari terakhir perayaan ATF, Rabu (24/1/2018), keduanya semakin diserbu wisatawan. Bahkan persediaan jamu sudah habis sehari sebelumnya, hingga bahan-bahannya seperti jeruk nipis dan rempah lain.

"Saya bawa sembilan kilo kopi, Mandailing dan Sidikalang. Hari terakhir sisa tiga kilo," terang barista dari salah satu suplayer kopi Indonesia, M. Rifat kepada KompasTravel, di paviliun Indonesia, di ATF 2018, Chiangmai, Rabu (24/1/2018),

Menurutnya penyuka kopi Indonesia dari stannya amat merata, mulai Eropa, Asia, hingga ASEAN. Mereka menyukai kopi Indonesia, tetapi tidak mempedulikan jenis dan asal daerah kopi tersebut.

Dari pantauan KompasTravel hanya Indonesia yang menyajikan kopi dari lebih dari 10 negara yang membuka stan di ATF 2018 tersebut. Adapun selain Indonesia, Malaysia juga membuka stan minuman, dengan ciri khasnya teh tarik.

Sementara jamu tradisional Indonesia bahkan sampai habis ludes dinikmati peserta dari berbagai negara.

Peracik jamu di Paviliun Indonesia, Mutia menyebut kewalahan lantaran persediaan yang ia bawa habis. Ia mengaku terpaksa membuka sample jamu yang tadinya hanya untuk dipajang.

"Saya bawa 10 botol besar (1,5 liter) habis, jadi buka yang display. Sampai jeruk nipisnya juga abis nih, bingung," terang Mutia pada KompasTravel.

Wanita yang sehari-harinya meracik jamu di Yogyakarta tersebut membawa jamu khas Wonosobo, yaitu Jakencruk, dan bir mataram dari Yogyakarta.

"(Kopi) Sangat bagus untuk fokus. Sehari bisa tiga kali selama pameran, kalau jamunya baru dua kali, kemarin sama hari ini," ujar Andy Bennet, peserta Asean Tourism Forum dari New South Wales, Australia.

ATF merupakan usaha regional untuk mempromosikan kawasan ASEAN sebagai satu destinasi wisata. Ajang tahunan ini melibatkan semua sektor industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam ditambah tiga negara di Asia yakni China, India, dan Korea.

ATF tahun ini bertepatan dengan usia ASEAN yang ke-51. Tema ATF 2018 yaitu “Sustainable Connectivity, Boundless Prosperity”.

https://travel.kompas.com/read/2018/01/26/221500227/kopi-dan-jamu-indonesia-ludes-diserbu-di-atf-2018-thailand

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke