Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Rendang, Ini 6 Kuliner Khas Padang yang tak Kalah Nikmat!

Namun tak hanya rendang, kuliner-kuliner padang yang lain juga tak kalah membuat lidah Anda ketagihan. Kuliner dari Padang memang cukup kental dengan rempah-rempah serta cita rasa pedasnya yang cukup melekat.

Berikut KompasTravel himpun empat kuliner Padang yang tak kalah nikmat :

1. Palai Rinuak

Palai Rinuak merupakan hidangan khas Minangkabau yang wajib Anda cicipi jika mampir ke Danau Maninjau. Palai yang berarti pepes dan rinuak yang merupakan jenis ikan-ikan kecil yang hanya ditemui di Danau Maninjau.

Bentuknya serupa dengan ikan teri medan yang sudah dikenal orang banyak.  Sajian yang satu ini terbuat dari ikan rinuak yang diberi bumbu dan parutan kelapa lalu dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus.

Dendeng Batokok memang tak lain merupakan sajian padang yang hadir di Kota Sawahlunto. Hidangan yang satu ini dihadirkan dengan Irisan daging tipis kering berlumur minyak kelapa menyebarkan bau harum yang siap membuat perut Anda  kenyang.

Tak ketinggalan, hidangan ini ditemani dengan nasi aneka sayur, dan sambal juga bakal membuat Anda penasaran.

Gulai gajebo, atau gajeboh, atau sampade daging adalah masakan khas Sumatera Barat dengan bahan utama daging sapi. Bagian yang dipakai adalah punuk, dengan lemak tebal menempel di bagian daging.

Perbandingan lemak dan daging pada gulai gajebo bisa 3:1. Semakin tipis bagian daging, rasanya semakin gurih. Potongan 'lemak berdaging' itu disajikan dengan kuah asam padeh yang sama sekali tidak menggunakan santan.

Bisa dibilang, bahan utama yang sulit didapat menjadikan gulai gajebo masuk dalam klasifikasi 'masakan langka'.

4. Gulai Banak

Hidangan satu ini mungkin bisa terbilang ekstrim karena makanan satu ini terbuat dari otak. Namun masalah cita rasa tak perlu diragukkan lagi karena dijamin nendang. Hidangan ini mempunyai cita rasa yang sangat pedas.

Terbuat dari otak sapi yang dicampur dengan bumbu rempah-rempahan serta santan siap membuat lidah Anda bergoyang. Namun perlu diingat, makanan yang satu ini mengandung kadar kolestrol yang cukup tinggi.

Dari bahasa Padang, talua berarti telur. Kuliner ini berupa teh yang dicampur dengan kuning telur yang dikocok bersama dalam satu gelas. Selain itu, bahan-bahan campurannya juga berupa gula, susu kental manis, dan irisan jeruk nipis.

Pertama-tama kuning telur dimasukkan ke dalam gelas bersama dengan gula putih kemudian diaduk dengan ikatan batang lidi. Setelah itu baru ditambahkan susu dan air teh panas.

Minuman khas Padang ini diketahui dapat berkhasiat untuk menjaga stamina. Sangat cocok diseruput bagi Anda yang tak ingin lelah saat menjejalahi kota Padang!

Bubur Kampiun merupakan jajanan khas Minang yang memiliki rasa manis. Isinya sangat beragam di antaranya bubur sumsum, pisang, kacang hijau, ketan putih, srikaya dan candil.

Dengan kuah yang berwarna coklat dan manis, biasanya jajanan yang satu cukup identik disantap di bulan Ramadhan. 

https://travel.kompas.com/read/2018/01/28/120000427/selain-rendang-ini-6-kuliner-khas-padang-yang-tak-kalah-nikmat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke