Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menghidupkan Wisata Kopi di Sekitar Candi Borobudur

Bentuk dorongan tersebut salah satunya dengan memberikan bantuan dan pendampingan tentang pengolahan kopi di Dusun Kerug Batur, Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah..

Salah satu Dusun di lereng Pegunungan Menoreh itu memang memiliki potensi tanaman kopi yang melimpah, tetapi belum tergarap dengan optimal.

"Dusun Kerug Batur kaya akan tanaman kopi, namun selama ini warga hanya menjual kopi mentah kepada konsumen. Kami merangkul warga, memberikan pendampingan sehingga warga dapat meningkatkan nilai jual kopi dengan pengolahan yang tepat," jelas General Manager PT. Taman Wisata Candi Borobudur (TWC), Chrisnamurti Adiningrum, Selasa (30/1/2018).

Menurutnya, kopi Dusun Kerug Batur memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan kopi-kopi lokal lainnya. Jenis kopi robusta ini diharapkan akan menjadi ikon kopi khas Borobudur yang diminati wisatawan.

"Komitmen kami adalah membantu lingkungan untuk maju. Di sini ada potensi kopi, kami berharap warga dapat menghasilkan kopi berkualitas yang nantinya bisa menjadi ikon Kopi Borobudur," ungkapnya.

Chrisna optimistis kopi Dusun Kerug Batur akan banyak peminat. Apalagi didukung dengan potensi wisata alam yang mengagumkan yaitu Punthuk Gajah Mungkur.

“Kami percaya, masyarakat bisa memanfaatkan bantuan kami ini dengan baik sehingga wisata Kopi di Kerug Batur ini tumbuh. Wisatan bisa bersantai menikmati kopi dan kudapan, bahkan mengetahui secara langsung proses pembuatan kopi," imbuhnya.

Kepala Desa Majaksingi, B. Budiyono, mengungkapkan kopi Kerug Batur sudah banyak peminat terutama para pencinta kopi robusta meski baru dirintis. Selain rasa kopi khas lereng Menoreh, di dusun ini wisatawan bisa menikmati suasana alam yang masih asri.

"Bantuan ini tentu menjadi motivasi kami untuk mengembangkan wisata Kopi Kerug Batur. Peminat kopi kami diharapkan akan lebih banyak lagi,” kata Budiyono.

https://travel.kompas.com/read/2018/01/30/190000727/menghidupkan-wisata-kopi-di-sekitar-candi-borobudur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke