Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Baru di Kota Batu, Ngukir Wisata Alam

Sejak pintu masuk, pengunjung mendapat suguhan jalan berbatuan. Namun, kondisi jalan ini tidak berbahaya dilalui motor.

Tempat wisata ini memang belum sempurna. Namun, sudah ada beberapa gubuk dan ayunan yang tertata. Nantinya lahan seluas sekitar 2 hektar ini akan dibuat konsep wisata edukasi.

Pengelola NWA, Erita Dian Safitri mengatakan ada lahan stroberi, durian, sawo hutan, cepeda yang disiapkan untuk pengunjung. "Biasanya kan memetik buah. Tetapi pengunjung di sini bisa menanam. Ada edukasinya," kata Erita kepada SuryaMalang.com, Kamis (11/1/2018).

Lahan ini sudah disiapkan di sisi belakang. Jadi pengunjung bisa memetik dan menanam dengan tenang.

Dulunya lahan ini merupakan bekas lahan pertanian, seperti jeruk, dan cengkeh. Karena selalu gagal, akhirnya ditanam pohon kayu suren agar bisa dimanfaatkan untuk membuat gubuk, rumah susuh, rumah kayu, sampai ayunan.

Di sekitar lokasi wisata ini juga ada aktivitas penambang pasir galian C. Nantinya galian C itu digunakan untuk wahana tubing. "Kalau sudah jadi sempurna, tempat ini bisa dijadikan area bermain anak-anak. Apalagi aliran sungai ini sering dilalui rafting," katanya.

Selain itu ada juga aliran irigasi pertanian. Makanya tempat wisata ini lebih mengarah ke edukasi pertanian.

Masih banyak yang akan ditambahkan sebagai pelengkap wahana di sini, seperti camping ground, spot swafoto, dan sebagainya.

Tiket masuk ke area ini sebesar Rp 10.000. Tentu lokasi ini dibuat untuk memberdayakan masyarakat sekitar. “Konsepnya desa wisata dengan memberdayakan masyarakat sekitar, dan memanfaatkan lahan kosong. Pengelolahannya dibantu BUM-Des,” kata Erita. (Surya Malang)

https://travel.kompas.com/read/2018/02/01/104500127/wisata-baru-di-kota-batu-ngukir-wisata-alam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke