Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memilih Teh Sesuai "Mood"

Seorang pakar teh, Ratna Somantri, saat ditemui di Jakarta, Senin (29/1/2018), memberikan tips memilih teh sesuai mood. Ratna merupakan seorang konsultan teh, certified tea specialist, tea sommelier, dan penulis buku “Kisah & Khasiat Teh” dan “The Story in A Cup of Tea”, dan salah satu pendiri www.pasarteh.com.

Ingin Rileks tetapi Masih Lanjut Beraktivitas

Misalnya saat pulang kerja pada sore hari. Anda ingin rileks tetapi masih ada aktivitas sebelum tidur malam. Nah, pilihlah green tea atau teh hijau. Teh hijau memberikan sensasi segar sehingga bisa meningkatkan mood untuk kerja kembali. Jadi teh hijau juga cocok dinikmati saat Anda ingin istirahat sebentar karena baru tiba dari perjalanan sebelum kembali bekerja.

Teh hijau mengandung L-theanine yaitu asam amino yang memberikan efek ketenangan langsung setelah teh diminum dan juga menurunkan stres. Namun teh hijau juga memberikan efek stimulan sehingga membuat tubuh kembali bersemangat.

Seseruan Nongkrong dengan Teman

Ingin menikmati teh bersama teman-teman, maka pilihlah teh melati. Teh aroma melati cocok dinikmati sambil makan camilan. Jadi teh melati sering dinikmati secara ramai-ramai sambil bercengkerama.

Hilangkan Guilty Feeling setelah Makan Berlemak

Kerap kali setelah makan makanan berlemak lalu muncul perasaan bersalah. Untuk menghilangkan perasaan tidak enak itu, minum teh yang lebih pekat seperti oolong atau teh hitam.

Dalam Kondisi Tenang dan Tak Terburu-buru

Pilihlah white tea atau teh putih. Rasa dan aroma teh putih yang lembut bisa membuat tenang. Selain itu, proses penyeduhan teh putih yang lebih lama, cocok dinikmati saat kondisi tidak terburu-buru. Suasana pun jadi lebih tenang.

Malam Menjelang Tidur

Pilihkan teh pu-erh karena memberi efek hangat pada badan sehingga tidur bisa nyenyak. “Kalau malam-malam sebaiknya jangan minum greentea, karena malah membuat tidur tidak nyenyak,” kata Ratna.  

Lagi Galau

Bagaimana kalau hati tengah galau? “Kalau lagi galau, minumlah teh yang paling kamu suka,” tutur Ratna sambil tertawa kecil.

https://travel.kompas.com/read/2018/02/05/141000627/tips-memilih-teh-sesuai-mood-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke