Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Tanjung Puting, Ini Wisata Unggulan Kotawaringin Barat

"Visi dan misi kepemimpinan saya lima tahun ke depan salah satunya menjadikan pariwisata sebagai skala prioritas pembangunan di Kotawaringin Barat. Ada tiga unsur yaitu pertama pariwisata, pertanian dan infrastruktur," ujar Nurhidayah.

Menurutnya, pariwisata merupakan industri yang berkembang saat ini. Pariwisata, lanjutnya, mudah untuk dikembangkan dibandingkan industri lainnya.

"Biaya pengembangan pariwisata yang murah dan cepat di dalam mengumpulkan potensi wisata. Saya rasa pariwisata bisa jadi andalan. Kenapa andalan? Pertama kita sudah punya Taman Nasional Tanjung Puting dengan potensi pengembangan wisata yang lain," ujarnya.

"Ada Desa Pasir Panjang. Ini adalah desa masyarakat lokal asli Dayak. Kalimantan Tengah itu identik dengan dayaknya. Ada juga pemakaman Kaharingan," tambahnya.

Selain itu, ada pula Desa Wisata Kumpai Batu Atas. Di sana, lanjutnya, wisatawan nantinya akan disuguhkan agrowisata kebun kopi, jeruk, dan kelengkeng.

"Ada juga yang sudah dipoles yaitu Kampung Pelangi. Di sana betul-betul kampung tradisional. Ada berbagai aktivitas masyarakat di sana. Kami pelan-pelan akan membuat masyarakat untuk lebih besar (perhatian) bahwa bantaran Sungai Arut dijadikan tempat wisata," tambah Nurhidayah.

"Karena di sana ada wisata sejarah asal muasal Kerajaan Kotawaringin. Bukti sejarah, masjid wali ada di sana. Jadi (potensi wisata) masing-masing wilayah akan kami jual," tambahnya.

https://travel.kompas.com/read/2018/02/18/150200627/selain-tanjung-puting-ini-wisata-unggulan-kotawaringin-barat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke