Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Rekomendasi Wisata Sehari di Pangkalan Bun Kalteng

Beragam jenis wisata yang terbilang lengkap bisa ditemui di sekitar Kota Pangkalan Bun meski hanya punya kesempatan berlibur satu hari.

Anda bisa menemukan aktivitas mulai dari agrowisata, wisata sejarah, hingga tempat wisata untuk sekedar berfoto di sekitar Pangkalan Bun. Lalu apa sajakah tempat wisatanya?

KompasTravel himpun beberapa tempat wisata di sekitar Kota Pangkalan Bun. Berikut rekomendasi wisata sehari di Pangkalan Bun berdasarkan pengalaman KompasTravel mengikuti Familiarization Trip Wisata Kotawaringin Barat.

Wisatawan bisa menemukan beragam agrowisata di Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan. Seperti salah satunya yaitu agrowisata kopi.

Di Desa Kumpai Batu Atas, wisatawan bisa melihat perkebunan kopi milik warga desa hingga belajar mengolah biji kopi. Wisatawan juga bisa mencoba berkunjung ke kebun jeruk milik warga dan bisa memetik sendiri buah jeruk di kebun.

2. Istana Kuning

Di area kota, wisatawan bisa coba mampir ke obyek wisata Istana Kuning. Istana Kuning menawarkan pengalaman berwisata sejarah awal mulanya Kerajaan Kotawaringin.

Wisatawan bisa masuk ke dalam bangunan untuk melihat lukisan-lukisan raja-raja Kotawaringin serta melihat beberapa replika barang-barang kerajaan.

3. Istana Mangkubumi

Tak jauh dari Istana Kuning, ada pula Istana Mangkubumi. Istana Adipati Mangkubumi ini diperkirakan dibangun pada tahun 1850, merupakan rumah pribadi warisan Ratu Kuning (Ratu Adipati Mangkubumi I) yang berasal dari warisan orang tuanya yaitu Pangeran Ratu Anum Kesumayuda.

4. Kampung Pelangi

Bila gemar berwisata foto, Kampung Pelangi bisa jadi pilihan. Kampung Pelangi berada di RT 01 dan RT 02 Kelurahan Mendawai, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Ada pula gambar-gambar lambang tokoh fiksi hero generasi kini, seperti Marvel, Superman, Batman, terlukis di jembatan kayu panjang, jalan penghubung antar kawasan tepi sungai. Di sana ada pula motif permadani, dan rubik.

https://travel.kompas.com/read/2018/02/19/061000227/4-rekomendasi-wisata-sehari-di-pangkalan-bun-kalteng-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke