Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Oleh-oleh yang Bisa Dibawa dari Baduy

Desa ini terletak di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Perlu diketahui, Baduy terbagi atas dua bagian yakni Baduy Luar dan Baduy Dalam. Biasanya para pengunjung lebih sering mengunjungi Baduy Luar.

Di desa adat ini, para pengunjung bisa melihat bagaimana kearifan lokal penduduk di sana. Mulai dari bercengkerama hingga melihat kegiatan sehari-hari mereka.

Rata-rata penduduk di sana melakukan kegiatan pergi ke ladang dan menenun. Nah, hasilnya sendiri bisa dibeli oleh para pengunjung yang datang ke sana.

Seperti halnya ada beberapa kerajinan atau hasil bumi yang bisa Anda beli dan dijadikan buah tangan khas Baduy.

Durian tersebut pun dijual dengan harga mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 35.000, tergantung pada ukurannya. Lalu ada pula madu, biasanya Anda akan menemukan madu yang sudah dikemas dalam botol.

"Kalau harga madunya di sini bermacam-macam. Madu merah kisarannya Rp 75.000 sampai Rp 100.000 per botol. Madu odeng harganya Rp 200.000 perbotol. Kalau madu pahit harganya mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 150.000 per botol," ujar Ketua Komunitas Sahabat Baduy, Teddy beberapa waktu lalu.

Apabila Anda ingin membeli kain tenunan yang lebih terjangkau, mungkin bisa membeli shal tenun atau bisa juga dijadikan ikat kepala. Harganya sendiri mulai dari Rp 30.000.

Jika Anda ingin membelikan oleh-oleh untuk banyak orang, bisa juga membelikan aksesoris lainnya seperti gantungan, kalung, dan gelang.

Nantinya ada penjual keliling menawarkan aksesoris tersebut. Harga satuannya Rp 5.000 namun jika Anda mau mengambil 3 buah maka harganya Rp 10.000 untuk pilihan gelang, kalung, dan gantungan.

https://travel.kompas.com/read/2018/02/22/081700027/ini-oleh-oleh-yang-bisa-dibawa-dari-baduy

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke