Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tim Eiger Bakal Daki Gunung Berbahaya Hkakabo Razi di Myanmar

"Dari hasil riset kami, pendakian Gunung Hkakabo Razi itu berat. Butuh waktu 15-19 hari untuk ke kaki gunung. Itu melewati hutan. Tahun 2020, kami Eiger ingin ke Hkakabo Razi tahun 2020," kata Marketing Communications Manager PT Eigerindo Multi Produk Industri selaku pemegang brand Eiger, Arif Husein dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Menurutnya, pemilihan Gunung Hhakaborazi adalah lantaran dipilih karena memiliki karakteristik kombinasi hutan tropis dan salju. Selain, itu Gunung Hkakabo Razi juga tak kalah menarik dibanding gunung-gunung salju lain.

"Di dunia pendakian ada istilah naik haji yaitu naik gunung ke 7 puncak dunia. Ada satu gunung di Asia Tenggara, itu yang cocok untuk istilah naik haji yaitu Hhkabo Razi," kata Arif.

Tim Eiger Adventure Service Team (EAST), Galih Donikara mengatakan pendakian Gunung Hkakabo Razi telah direncanakan sejak tahun 2014. Menurut Galih, pihak Eiger telah memperhitungkan segala bahaya yang muncul selama pendakian Gunung Hkakabo Razi.

Beberapa pendaki tercatat telah berhasil mendaki Gunung Hkakabo Razi seperti dari Jepang dan Myanmar. Pendaki Jepang yang berhasil mendaki Hkakabo Razi seperti dikutip dari National Geographic yaitu Takashi Ozaki pada tahun 1996.

Hkakabo Razi sendiri tergolong gunung berbahaya lantaran medannya yang sulit dan juga kondisi keamanan yang tak kondusif di perbatasan Myanmar. Untuk bisa mendaki Gunung Hkakabo Razi, seperti yang dikatakan Galih, minimal membutuhkan waktu 20 hari hanya untuk tiba di kaki gunung.

Keylan Mcmillan dalam artikelnya di National Geographic tahun 2015 menulis tantangan mendaki Gunung Hkakabo Razi adalah hutan yang berbahaya dan kondisi geopolitik di perbatasan Myanmar yang tak aman. Salah satunya adalah di negara bagian Kachin, dekat titik pendakian Gunung Hkakabo Razi.

Konflik negara bagian Kachin juga berdekatan dengan negara bagian Shan, akibat kontak senjata antara militer dan kelompok bersenjata pernah tercatat pada bulan Februari tahun 2017.

Konflik juga pernah terjadi dan menyebabkan lebih dari 20.000 orang mengungsi sejak pertempuran antara tentara dan kelompok bersenjata meletus di dekat perbatasan dengan China pada akhir November 2016.

Gunung Hkakabo Razi sendiri belum disebut-sebut sebagai gunung tertinggi di Asia Tenggara. Namun, ada beberapa pihak yang menyebut gunung tertinggi di Asia Tenggara adalah Gamlang Razi.

"Tak ada orang yang berhasil mengukur ketinggian Hkakabo Razi," kata U Paw Mint Yoo, anggota Myanmar Hiking and Mountain Federation seperti dikutip dari The Myanmar Times.

Beberapa waktu sebelumnya juga ada pendaki Gunung Hkakabo Razi asal Myanmar yang hilang setelah mendaki. Mereka dikabarkan telah tiba di puncak Gunung Hkakabo Razi.

https://travel.kompas.com/read/2018/03/01/120000627/tim-eiger-bakal-daki-gunung-berbahaya-hkakabo-razi-di-myanmar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke