Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sri Mulyani dan Luhut Binsar Mendaki Gunung Ijen sampai Puncak Kawah

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Jumat (2/3/2018), mendaki Gunung Ijen, Jawa Timur.

Keduanya mendaki Gunung Ijen bersama rombongan dari Kementerian Koordinator Kemaritiman, Kementerian Keuangan, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo dan rombongan Bank Indonesia, Kementerian Pariwisata, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

"Kami naik ke Ijen mulai pukul 02.00 dini hari  dan tiba di puncak sekitar pukul 04.00 dini hari," kata Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, IPTEK, dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin saat dihubungi KompasTravel, Jumat (2/3/2018).

Safri mengatakan, pendakian ke Gunung Ijen dilakukan dalam rangka meninjau persiapan Banyuwangi sebagai salah satu destinasi wisata dalam agenda Voyage To Indonesia, Annual Meeting International Monetary Fund-World Bank (AM IMF-IB) 2018 di Denpasar, Bali.

Selama 2 jam pendakian, Safri mengatakan, tidak banyak kesulitan yang dirasakan oleh rombongan. Safri menyebut Sri Mulyani dan Luhut mendaki sampai sisi puncak kawah Gunung Ijen dan tak turun ke area kawah.

"Mereka (Luhut dan Sri Mulyani) sangat puas dan langsung membuat diskusi dengan bupati (Abdullah Azwar Anas) untuk tindak lanjut pengembangan kawasan Ijen," kata Safri.

Ia mengatakan, ada beberapa fasilitas yang menjadi perhatian rombongan, yakni kerapian jalan ke puncak, area istirahat, toilet, fasilitas internet, lampu jalan, dan papan petunjuk. Fasilitas tersebut diharapkan dapat dilengkapi untuk membantu memperkenalkan Ijen ke peserta AM IMF-WB 2018.

Rencananya, AM IMF-WB 2018 akan diselenggarakan pada 8-14 Oktober 2018 di Bali. Pertemuan tersebut akan dihadiri sekitar 15.000 orang delegasi dan peserta dari 189 negara. Banyuwangi ditunjuk oleh pemerintah pusat menjadi daerah penyangga Bali.

Luhut dan Sri Mulyani tiba di Banyuwangi, Kamis (1/3/2018), untuk meninjau kesiapan Banyuwangi, termasuk bandara dan lokasi wisata.

https://travel.kompas.com/read/2018/03/02/104754127/sri-mulyani-dan-luhut-binsar-mendaki-gunung-ijen-sampai-puncak-kawah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke