Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Contek Destinasi Wisata Banyuwangi untuk Peserta IMF-World Bank 2018

Selain agenda rapat untuk membahas perekonomuan global, para peserta yang berjumlah 15.000 orang dari 189 negara juga memiliki agenda ke destinasi di daerah Bali dan sekitar.

Banyuwangi ditunjuk oleh pemerintah pusat menjadi daerah penyangga Bali dalam hal bandara dan pariwisata.

1. Perkebunan Kaliklatak

Agrowisata Kaliklatak di Gombengsari, Banyuwangi ini terkenal sebagai tempat rekreasi yang cocok untuk keluarga. Ada kebun karet, kopi, cokelat, cengkeh, dan rempah-rempah di perkebunan yang telah ada sejak zaman Belanda.

Di sini wisatawan dapat belajar mengenai proses penanaman sekaligus ikut memanen tanaman.

Wisatawan akan dihibur dengan kesenian dan budaya lokal khas Banyuwangi di Sanggar Genjah Arum. Tempat ini sejatinya adalah warung kopi milik Iwan Subekti di Desa Kemiren. Namun yang unik Iwan membuat warung kopinya seperti miniatur desa adat Osing.

Di sini wisatawan tak sekadar minum kopi, tetapi juga akan melihat dan merasakan budaya khas Banyuwangi.

Rasanya tak lengkap jika ke Banyuwangi tidak mengunjungi fenomena alam unik api biru (blue fire). Tengah malam, wisatawan dapat melihat gas belerang yang tercampur oksigen sehingga menimbulkan efek layaknya lidah api berwarna biru.

Fenomena ini hanya ada dua di dunia, di Banyuwangi dan di Eslandia.

Taman Nasional Baluran atau sering disebut Afrika versi mini. Di tempat ini wisatawan dapat mengikuti kegiatan safari, melihat satwa liar seperti rusa, kerbau, banteng, monyet ekor panjang, dan burung merak. Lanskap Baluran yang memiliki luas 250 kilometer persegi juga terkenal sangat cantik dan banyak diabadikan oleh fotografer.

5. Pantai Bangsring

Bagi pecinta pantai dan laut, jangan lewatkan berkunjung ke Pantai Bangsring di Desa Bangsring. Lokasi Pantai Bangsring merupakan area konservasi. Jadi tak heran keindahan alam bawah lautnya begitu indah. Selain snorkeling, wisatawan juga dapat menyelam, menanam terumbu karang, dan berkunjung ke rumah apung.

https://travel.kompas.com/read/2018/03/03/100200027/contek-destinasi-wisata-banyuwangi-untuk-peserta-imf-world-bank-2018

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke