Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Lihat Orangutan di Sarawak Malaysia? Coba ke Taman Nasional Ini

Batang Ai sendiri terletak sekitar 275 kilometer dari Kota Kuching. Perjalanan hingga dermaga Batang Ai bisa menggunakan mobil dengan lama perjalanan sekitar empat jam.

“Di Batang Ai, wisatawan bisa melihat habitat orangutan dan juga melihat rumah panjang yang merupakan rumah tradisional dari suku kaul Iban,” ujar Manager Communications Sarawak Tourism Board Barbara Benjamin Atan kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan di Batang Ai sendiri terdapat hamparan hutan yang luasnya mencapai 24 hektar. Semua area telah dinyatakan sebagai daerah konservasi untuk orangutan yang terancam punah.

Subspesies orangutan yang ada di Batang Ai adalah pongo pygmaeus pygmaeus. Orangutan subspesies itu tercatat oleh organisasi konservasi alam internasional, IUCN masuk ke dalam daftar terancam punah.

Meski demikian, Anda masih bisa melihat kegiatan yang dilakukan orangutan. Seperti halnya saat mencari makanan, pasangan, hingga membuat tempat tinggal di atas pohon.

Sementara itu, masyarakat Iban sendiri bisa Anda temukan di tepi sungai yang mengalir menuju danau Batang Ai. Bahkan, suku ini dikenal sebagai orang yang handal mengendalikan perahu kayu panjang. Hal tersebut disebabkan karena kehidupan sehari-harinya begitu dekat dengan alam terutama sungai.

Untuk aktivitas sendiri, wisatawan bisa menaiki perahu atau pun mendayung perahu sendiri ke lokasi tertentu yang dekat dengan penginapan di sekitar danau.

Kemudian, juga bisa trekking dan berkunjung ke rumah panjang, bahkan wisatawan bisa pula menginap di sana. Bila ingin ke rumah panjang, bisa menggunakan tranasportasi perahu motor di sana.

Tak perlu khawatir soal penginapan, sebab di Batang Ai sudah ada beberapa pilihan untuk tempat menginap. Mulai dari kemah hingga resor yang dilengkapi beragam fasilitas.

Bila berkunjung ke Taman Nasional Batang Ai, Barbara menyarankan untuk membawa perlengkapan pribadi. Beberapa barang yang sebaiknya dibawa antara lain topi, tabir surya, jas hujan, sepatu olahraga, senter, dan lotion anti nyamuk.

https://travel.kompas.com/read/2018/03/07/210000827/mau-lihat-orangutan-di-sarawak-malaysia-coba-ke-taman-nasional-ini-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke