Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pisang Sale, Oleh-oleh Khas Tanah Rencong

“Alhamdulillah sekarang usaha pisang sale olahan kami di Banda Aceh sudah maju, hasil penjualannya setiap hari rata-rata Rp 3 hingga Rp 5 juta,” kata Ayu (31), pemilik usaha pisang sale Tradisi Aceh, kepada Kompas.com, Sabtu (10/3/2018).

Ayu mengaku awalnya memiliki ide untuk membuat pabrik pengolahan pisang sale karena suka membeli dan makan kuliner tradisional khas Aceh berbahan baku pisang yang hanya dijual di jalan lintas Banda Aceh – Medan Pasar Lhok Sukon, Kabupaten Aceh Utara.

“Karena pisang sale enak dan sehat makanya saya suka makan pisang sale. Dulu setiap saya lewat ke Lhok Seukon selalu beli, namun lama-lama saya terpikir untuk berusaha makanan tradisional khas Aceh yang manis dan legit itu,” katanya.

Ayu merintis usaha pisang sale dengan modal sangat terbatas sejak Maret 2017. "Awal merintis usaha pisang sale ini kami tidak ada modal, modal nekat saja. Awalnya setelah saya buat sendiri pisang sale, saya pasarkan di terminal bus di Batoh Banda Aceh. Kami sewa bangunan di terminal Rp 7.000 satu hari,” katanya.

Setelah beberapa bulan usahanya berjalan, Ayu bersama suaminya, Husni memutuskan untuk menyewa toko penjualan di kawasan Peunayong Banda Aceh dengan modal bantuan dari keluarga.

Dari usaha pengolahan dan penjulan pisang sale tradisional Aceh itu kini Ayu telah memiliki 14 orang tenaga kerja, di antaranya delapan orang tenaga kerja di pabrik pengolahan yang berada di Alue Naga, Kecamatan Syiah Kula dan 6 orang melayani pembeli di toko penjualan yang berada di Peunayong Kota Banda Aceh.

“Alhamdulillah sekarang sekarang kami sudah memiliki pabrik sendiri dan toko penjualan, dengan menampung 14 orang tenaga kerja,” katanya.

https://travel.kompas.com/read/2018/03/12/065300127/pisang-sale-oleh-oleh-khas-tanah-rencong

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke