Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Provinsi Maluku Utara Siapkan Pesona Kie Raha Mengguncang Dunia

Calendar of Event (CoE) Provinsi Maluku Utara 2018 tersebut diluncurkan di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (13/3/2018) malam.

Peluncuran ke-33 agenda tersebut dihadiri oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama juga Plt. Gubernur Maluku Utara H. Muhammad Natsir Thaib.

"Tahun ini tiga dari ke 33 event-nya Maluku Utara masuk jadi top 100 Calendar of Event Nasional," ujar Arif Yahya dalam sambutannya di acara tersebut.

Tiga acara wisata unggulan nasional tersebut ialah Festival Teluk Jailolo, Festival Tidore, dan Festival Kora-kora. Menpar berharap ketiganya bisa jadi contoh dan parameter ke 30 acara lainnya.

Muhammad Natsir Thaib mengatakan tahun ini Maluku Utara menargetkan kunjungan 11.000 wisatawan mancanegara (wisman) dan 350.000 pergerakan wisatawan nusantara (wisnus). Tahun ini Dinas Pariwisata Maluku Utara, mencatatat ada 2000 kunjungan wisman.

Menpar Arief Yahya mengingatkan, Maluku Utara telah memiliki Morotai, yang masuk dalam 10 destinasi prioritas "Bali Baru". "Jangan disia-siakan, harus semakin serius membangun unsur 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas) dalam meningkatkan daya saing destinasi," katanya.

Menpar menambahkan, keempat kerajaan di Maluku Utara, yaitu Ternate, Tidore, Bacan, dan Jailolo sudah dikenal dunia sejak Abad XIII sebagai sumber rempah dunia. Sisi sejarah tersebut lah yang jadi salah satu keunggulan Maluku Utara menarik wisatawan, selain keindahan bawah lautnya.

https://travel.kompas.com/read/2018/03/14/095300027/provinsi-maluku-utara-siapkan-pesona-kie-raha-mengguncang-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke