Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yuk Ajak Anak ke Gua Garunggang, Taman Jurassic Tersembunyi di Bogor

Jika Anda pernah ke Gunung Pancar di kawasan Sentul, nah lokasi Gua Garunggang naik ke atas lagi sekitar 3 kilometer menuju Curug Leuwi Asih. Kalau dari Gerbang Tol Sentul City, jaraknya hanya 14 kilometer.

Kendaraan bermotor bisa diparkir di kawasan Curug Leuwi Asih, lalu dilanjutkan trekking sejauh 3 kilometer melewati jalan setapak di kampung, kebun dan hutan pinus. Jika menggunakan sepeda motor, bisa memangkas waktu tempuh trekking jadi 1,5 kilometer dari titik terakhir sepeda motor bisa masuk.

Karena medannya pendek dan tidak terlalu menanjak, maka kita bisa mengajak anak-anak olahraga trekking menuju Gua Garunggang. Tidak ada syarat khusus menuju tempat ini, hanya saja tidak ada warung makanan dan minuman di kawasan gua.

Jika anak Anda berminat, ajak mereka ke sini saat musim kemarau atau curah hujan tidak tinggi. Jalan tanah setapak akan becek dan batuan karst sangat licin dan berbahaya.

Sesampainya di Gua Garunggang, kita bisa camping atau melakukan penelusuran gua dipandu seorang warga yang memelihara tempat tersebut. Walaupun sudah resmi masuk dalam pengelolaan Perhutani, namun tempat wisata alam ini belum ditangani dengan serius.

Bisa juga bouldering atau panjat tebing. Ada banyak hamparan tebing pendek dengan tingkat tantangan bervariasi, dari yang sangat mudah untuk anak-anak hingga yang sulit. Tapi ingat, kegiatan ini harap didampingi orangtua atau pemandu olahraga panjat tebing.

Selain itu, bisa juga bersenang-senang mandi di sungai yang dialirkan membelah hamparan batuan.

Setelah selesai memuaskan diri Gua Garunggang, kita bisa lanjut bersenang-senang menuju beberapa destinasi yang sedang hit di media sosial, yang lokasinya tak jauh dari Gua Garunggang.

Dari Leuwi Asih sekitar 3 kilometer ke atas mengikuti jalan beraspal, kita dapat menuju Leuwi Hejo, Leuwi Lieuk, Curug Baliung, dan beberapa curug lagi yang sangat indah.

Bedanya dengan gua Garunggang, kawasan leuwi ini adalah wisata sungai dan hutan yang tiap hari terutama liburan dan akhir pekan selalu ramai pengunjung.

Nah, silakan pilih yang mana lebih dulu kalian kunjungi, sebelum tempat-tempat di atas rusak oleh eksploitasi alam untuk industri.

https://travel.kompas.com/read/2018/03/16/230544827/yuk-ajak-anak-ke-gua-garunggang-taman-jurassic-tersembunyi-di-bogor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke