Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukit Srobi, Dulu Tempat Mengintai Pasukan Belanda, Kini Jadi Destinasi "Instagramable"

AMBARAWA, KOMPAS.COM - Berwisata ke Kota Ambarawa, Jawa Tengah, ternyata tak melulu ke museum. Kota perjuangan ini juga punya lokasi ciamik yang instagramable, yaitu Wisata Bukit Srobi (WBS) yang terletak di Desa Pasekan.

Obyek wisata alam ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pasekan dan diresmikan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akhir Februari 2018 lalu.

Untuk menuju lokasi ini dibutuhkan "perjuangan", mengingat pengunjung harus berjalan kaki sekitar 150 meter dari lokasi parkir dengan kontur tanah yang terus menanjak.

WBS juga mengandalkan deck view lantaran lokasi ini memiliki pemandangan yang sangat memanjakan mata. 

Berada di ketinggian sekitar 916 meter di atas permukaan laut (mdpl), WBS merupakan titik tertinggi di Ambarawa. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, tempat ini juga pernah digunakan sebagai tempat untuk mengintai pergerakan pasukan Belanda yang ditandai dengan sebuah tugu beton.

Dengan tiket masuk Rp 3.000 dan parkir sepeda motor Rp 2.000, pengunjung akan mendapatkan secara cuma-cuma sebotol air minum mineral dan snack berupa keripik.

Di Bukit Srobi ini, pengunjung bisa bersantai dan berswafoto sepuasnya di sejumlah gazebo yang terbuat dari bambu. Tak ketinggalan beberapa selfie corner antara lain spot jendela dan gardu pandang.

Di sini terdapat wahana yang cukup memacu adrenalin, yakni adalah becak langit. Pengunjung bisa mengayuh becak yang ditambatkkan pada seutas tali. Jika difoto seolah kita sedang mengayuh becak di angkasa.

Jarak kayuh becak langit ini sepanjang 30 meter. Pengunjung membayar Rp 10.000 untuk satu orang, dan Rp 15.000 untuk dua orang.

"Rasanya naik tadi gemetaran, tapi pemandangannya amazing. Sisi baratnya kita bisa melihat pemandangan Gunung Sumbing dan Sindoro serta Gunung Ungaran," ungkap Diana (35), salah satu pengunjung dari Karangjati, Kecamatan Bergas.

Pengunjung lainnya, Salamah, mengaku mengetahui adanya obyek wisata Bukit Srobi lewat media sosial. Karena penasaran, ia mengajak suami dan anaknya ke lokasi ini. Meski cukup puas, namun ia menyarankan agar wahana untuk anak-anak ditambah.

"Kita kan wisata sama keluarga, ada anak-anaknya juga. Mungkin perlu penambahan wahana bermain untuk anak-anak," tuturnya.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan alam dan spot foto yang menarik, jika beruntung pengunjung juga bisa berburu buah durian yang pohonnya tumbuh di sekitar bukit ini. Karena masih musim durian, banyak warga yang menjajakan buah beraroma menyengat ini.

"Sekalian icip-icip durian," tuntas Salamah.

Wisata Bukit Srobi ini sangat mudah dijangkau. Kalau berangkat dari Semarang, tinggal lintasi jalan raya Semarang-Magelang. Setelah melewati Bawen dan Pasar Ambarawa, terus saja sekitar satu kilometer sampai ke arah Gua Maria Kerep Ambarawa.

Setelah menemukan Gua Maria ini, terus naik hingga menemukan papan penunjuk arahnya.

https://travel.kompas.com/read/2018/03/25/102200027/bukit-srobi-dulu-tempat-mengintai-pasukan-belanda-kini-jadi-destinasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke