Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Membangun Citra Indonesia Tiada Henti di Negeri Orang...

Mencintai budaya Indonesia dengan cara mempelajari, mempertunjukkan seni tari dan  gamelan dapat mengangkat citra positif Indonesia di negeri orang.

Itulah salah satu, energi kuat grup tari Sekar Jagat Indonesia (SJI Paris) dan Grup Gamelan Puspa Warna menampilkan seni tari dan Gamelan Bali yang bertajuk "Spectacle exceptional avec de danseuse et musicians des association SJI et Puspa Warna", Minggu (25/3/2018) pukul 15.00 di Ferme Du Mousseau, Elancourte, Perancis.

SPF adalah organisasi kemanusiaan yang membantu dan peduli terhadap kemiskinan dan mengedepankan rasa solidaritas kepada siapapun tanpa terkecuali tidak saja di Perancis tapi di belahan dunia lainnya.

Dalam seni pertunjukan, para penari SJI yang terdiri dari ibu-ibu Indonesia ini secara kompak melakukan Prosesi Banten Sari iringan bleganjur, menari Rejang Dewa, Baris, Jaipong Sekar Tanjung, Sekar Jagat, Megending Janger dan berkecak ria dengan semangat ceria.

Penonton yang menyaksikan pertunjukan ini kerap memberi tepuk tangan yang meriah sebagai apresiasi yang tinggi.

SJI yang secara resmi  dibentuk pada tahun 2011 di bawah komando Putu Anggawati tetap setia membangun citra Indonesia dalam berbagai kegiatan baik inisiatif sendiri maupun bekerja sama dengan KBRI Paris dan organisasi setempat di Perancis.

Kemeriahan pertunjukan juga terlihat ketika skill hebat permainan lincah iringan tetabuhan yang dimainkan oleh Grup Gamelan Bali Puspa Warna di bawah pimpinan Theo Merigeau dan Tseng Hsiao Yun.

Puspa Warna merupakan Grup Gamelan Bali yang paling dinamis di Eropa saat ini. Penulis menggembleng mereka sejak Desember 2014.

Kesungguhannya berlatih secara rutin dan tekun mampu menampilkan sesuatu yang berbeda dari grup gamelan yang ada di Eropa saat ini.

Penampilan Puspa Warna selalu memberi warna cerah impresionis yang berbeda dengan gerak cepat pemain muda berbakat serta professional dibidang perkusi seperti Theo, Jeremie, Hsiao Yun, Sven, Christophe dan lain lain.
 
Aktivitas budaya yang dilakukan oleh kedua grup seni Sekar Jagat Indonesia dan Grup Gamelan Puspa Warna ini telah mengangkat eksistensi kebudayaan Indonesia yang tidak tergerus budaya "zaman now" yang lebih cenderung meniru budaya populer asing.

https://travel.kompas.com/read/2018/03/29/130200927/membangun-citra-indonesia-tiada-henti-di-negeri-orang-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke