Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makarel Kaleng Berparasit? Olah Sendiri Ikan untuk Bekal "Traveling"

Namun dengan maraknya berita mengenai makarel kaleng terinfeksi cacing parasit, konsumen pun menjadi ragu untuk mengonsumsi ikan kaleng. Bagaimana jika Anda membuat sendiri olahan ikan yang awet untuk dijadikan bekal "traveling"?

Nama "makarel" sendiri seringnya merujuk pada beberapa spesies ikan laut yang sebagian besar dari keluarga Skombridae (termasuk di dalamnya makarel dan tuna) serta keluarga Carangidae.

Jadi beberapa ikan yang dalam kelompok makarel ini termasuk ikan makarel (yang sebenarnya), Spanish mackerels, hingga horse mackerel. Bahkan juga ikan kembung dan ikan tenggiri yang masuk dalam familia Skombridae.

Seperti diungkapkan Chef Gatot Susanto, yang andal di kuliner western, Italia, dan Indonesia ini, menyarankan bisa menganti ikan makarel dengan ikan tenggiri dan ikan kembung.

Kedua ikan ini lebih mudah ditemukan di pasar-pasar di Indonesia. Secara bentuk, tekstur, dan rasa, ikan tenggiri dan kembung mirip dengan ikan makarel.

"Kalau di perairan Sulawesi ada juga cakalang, ini masih satu keluarga juga. Sama halnya dengan tuna," kata Gatot kepada KompasTravel. Gatot sudah berkarir di dunia kuliner baik Indonesia maupun internasional selama 28 tahun.  

Agar ikan awet dijadikan bekal perjalanan, Gatot menyarankan ikan kembung, tenggiri, atau makarel dibuat menjadi abon. Hanya saja memang perlu waktu untuk membuat abon. "Saya bikin abon ikan perlu waktu 8 jam," kata Gatot.

Ikan dikukus terlebih dahulu kemudian disuwir-suwir. Lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama ikan suwir. Masukkan bumbu lainnya dan juga santan. Masak dengan api kecil hingga keluar minyak dari santan. "Kalau sudah keluar minyak, ini yang bikin awet," kata Gatot.

Teruskan memasak hingga ikan menjadi kering. Setelah matang dan kering, tiriskan minyak dari ikan.

Selain itu bisa juga dibuat ikan dengan sambal kering. Pertama-tama, ikan digoreng lalu disuwir-suwir. Sementara itu, bawang merah, bawang putih, dan cabai dipotong-potong kecil. Kemudian ketiga bumbu tadi ditumis bersama ikan hingga benar-benar kering.

"Kalau sambal biasa kurang awet. Karena basah, jadi tetap aja bisa mudah busuk," tutur Gatot.

Cara lain adalah ikan melalui proses pengasapan. Hal ini biasa dilakukan oleh orang Indonesia timur. "Seperti di Sulawesi Utara itu ada cakalang fufu (cakalang asap). Kalau di Indonesia timur, cara pengasapan ini biasa dan memang jadi awet," kata Gatot.

Menurut Gatot, sebagian besar ikan-ikan dari perairan Indonesia yang populer seperti tuna, tongkol, marlin, hingga cakalang bisa diolah untuk dijadikan bekal traveling, terutama jika dimasak menjadi abon. Bagaimana dengan ikan air tawar?

"Bisa juga, misalnya lele abon atau patin abon. Pokoknya masak sampai kering. Jangan basah," kata Gatot.

Sementara itu, Chef Felix Budisetiawan punya resep lainnya untuk membuat bekal ikan yang awet untuk traveling. Ia sendiri telah malang melintang di dunia kuliner selama 30 tahun ini selain biasa berkutat dengan kuliner Indonesia juga piawai mengolah hidangan seafood.

Ia sendiri mengakui pada dasarnya makanan ikan lebih enak jika dihidangkan segar atau secepat mungkin setelah ditangkap. Menurutnya, ikan makarel cocok dimasak dengan tomat.

Sedangkan untuk bekal traveling, ikan tenggiri dicuci bersih kemudian dibumbui dengan garam, lalu dibakar. "Setelah dibakar, ditumbuk halus lalu digoreng," kata Felix kepada KompasTravel.

"Lalu sangrai ikan tenggiri sampai ringan. Tumis bumbu halus tadi dengan minyak banyak sampai matang dan masukan ikan tenggiri," kata Felix.

Kemudian tumis semuanya hingga benar-benar matang dan kering. Jangan lupa ketika menaruh di wadah tertutup kedap udara, pastikan masakan itu dalam keadaan sudah tidak panas.

https://travel.kompas.com/read/2018/03/31/114800427/makarel-kaleng-berparasit-olah-sendiri-ikan-untuk-bekal-traveling-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke