Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selama April, Ini Beragam Atraksi Menarik di Banyuwangi Festival

Event sport tourism akan banyak mewarnai B-Fest di awal April ini, yakni Banyuwangi Underwater Festival (4-6 April), Fishing Festival (lomba mancing, 7 April), dan lomba lari Banyuwangi Ijen Green Run (8 April).

Bupati Banyuwangi Abdulah Azwar Anas mengatakan, konsep sport tourism memang mempunyai ceruk pasar tersendiri. Misalnya, menurut The British Tourist Authority dan English Tourism Board, sekitar 20 persen dari jumlah total wisatawan yang datang di Inggris adalah wisatawan olahraga, baik untuk berlaga maupun menikmati ajang olahraga.

”Dalam geliat industri pariwisata tersebut, wisata olahraga atau sport tourism menjadi salah satu yang paling pesat perkembangannya. Karena itu kami membidik indutri sport tourism ini. Tapi tentu kami pilah segmen mana sesuai dengan potensi Banyuwangi,” kata Anas.

"Terdapat beragam acara unik. Mulai dari 'Nemo Dancing' (pengamatan ikan Nemo selama 48 jam), tari gandrung di dasar laut, pendidikan bahari, lomba kano, lomba lari sisir pantai, hingga underwater photography. Penyelamatan dan pengamatan ikan Nemo ini nantinya akan dinilai untuk dapat Rekor Muri," kata Anas.

Usai Bangsring Underwater akan disusul Fishing Festival, Sabtu (7/4/2018). Lomba memancing yang berlangsung di sisi Utara Pantai Grand Watu Dodol ini akan dimeriahkan ratusan peserta mancing di tengah laut.

Lomba lari Banyuwangi Ijen Green Run akan digelar pada Minggu (8/4/2018) pagi dengan start di rest area Tamansari, Kecamatan Licin.

Green Run memiliki 3 (tiga) kategori untuk pria dan wanita. Yakni family run 6 km, half run 18 km, dan long run 33 km. Ditambah satu kategori khusus, kelas exhibition bagi anak-anak usia 6-12 tahun dengan jarak tempuh maksimal 1 kilometer.

Bagi wisatawan penikmat kuliner bisa datang ke ajang Banyuwangi Kuliner pada Kamis (12/4/2018) di Taman Blambangan Banyuwangi. Kali ini, Banyuwangi khusus mengangkat kuliner tradisional Ayam Kesrut.

"Akan hadir chef Farah Quinn untuk memeriahkan acara. Selain itu, di areal tersebut juga akan berlangsung Banyuwangi Art Week pada 12-15 April. Sehingga pengunjung selain mencicipi kuliner khas Banyuwangi juga bisa melihat beragam karya anak Banyuwangi di Art Week tersebut," kata Anas.

"Event Seminggu di Songgon ini akan mengajak para wisatawan menikmati suasana pedesaan dan mengeksplorasi alam wilayah Songgon yang terletak di kaki Gunung Raung. Selama seminggu penuh, wisatawan dapat menikmati rangkaian atraksi mulai dari petualangan (adventure) rafting di Kali Badeng, menembus hutan menikmati pemandangan air terjun, wisata hutan pinus dan rumah pohon, menyaksikan lomba berkuda, hingga lomba panahan," pungkas Bramuda.

https://travel.kompas.com/read/2018/04/03/130500927/selama-april-ini-beragam-atraksi-menarik-di-banyuwangi-festival

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke