Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dari Burger hingga Sushi, Ini 5 Kreasi Makanan Rendang Kekinian

Hidangan terenak di dunia versi CNN 2017 tersebut "disulap" menjadi kudapan khas Eropa, Asia, dan tentunya khas Nusantara. Berikut aneka hidangan kekinian berbahan dasar rendang yang dihimpun KompasTravel. 

1. Pizza Rendang

Pernah mencoba lezatnya suwiran rendang daging sapi pedas yang jadi topping pizza? Bagi yang bosan dengan hidangan rendang biasa, tampaknya panganan ini harus Anda coba. 

Pizza rendang terbuat dari roti pizza pada umumnya, namun diberi topping rendang yang dipadu dengan bawang bombay dan keju mozarella. Rasanya sudah pasti bikin kamu penasaran. 

Beberapa tempat untuk mencicipinya ialah di Kedai Kita, Bogor, atau di Citrus Restaurant di Hotel Novotel Semarang.

2. Sushi Rendang

Perpaduan hidangan khas Jepang dengan Indonesia bisa mengatasi Anda yang alergi hidangan laut. Meski perpaduan rasanya dominan rendang khas Indonesia. Sushi rendang dimakan dengan pelengkap layaknya sushi pada umumnya yakni wasabi hingga mayonnaise.

Bayangkan potongan daging rendang yang penuh rempah disajikan dalam lapisan roti burger yang mengenyangkan. Hidangan ini telah familiar di Indonesia sejak 2013 di gerai Burger King.

Dari segi tampilannya, burger rendang memang tidak memiliki perbedaan dibanding buger biasa karena disajikan dengan roti, sayuran, dan daging. Hanya saja, daging burger ini merupakan daging rendang. Sehingga saat digigit, lidah akan merasakan sensasi cita rasa burger yang berbeda.

Anda bisa mencobanya di gerai Burger King dalam menu Tenderscrisp Rendang Deluxe dan Doubles Rendang Deluxe.

4. Spaghetti Rendang

Bosan dengan spaghetti bolognaise, carbonara, atau pesto? Kamu bisa mencoba spaghetti rendang yang cita rasanya sangat kaya empah.

Daging cincang dalam spaghetti digantikan oleh suwiran rendang, lengkap dengan bumbu rendang yang kental. Spaghetti rendang ini biasanya memiliki rasa yang agak pedas.

5. Martabak Keju Rendang

Martabak keju rendang memadukan martabak telur yang diberi keju mozarella dengan daging rendang sebagai isiannya. Sensasinya tak hanya daging cincang yang bercampur telur dan sayuran, namun juga rempah khas rendang dengan sedikit rasa pedas.

Banyak gerai martabak yang menjual jenis martabak ini, salah satunya Martabak Masberto di Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

6. Mi Rendang

Hidangan ini hadir dalam mi ayam yang berganti topping dengan daging rendang, ataupun mi instan dengan tambahan topping rendang. Keduanya tentu amat menggoda selera.

Daging rendang yang telah digiling berpadu dengan bumbu kental mi instan atau mi telur.  Anda bisa mencobanya di kedai mi kekinian seperti Upnormal, What's Up, dan kedai lainnya.

https://travel.kompas.com/read/2018/04/04/182700027/dari-burger-hingga-sushi-ini-5-kreasi-makanan-rendang-kekinian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke