Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Junkyard, Taman Rongsokan Mobil yang "Instagramable" Dekat Borobudur

Namun, tidak jauh dari Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mobil-mobil tidak berguna itu menjadi obyek wisata spot swafoto cantik dan klasik.

Adalah Junkyard Auto Park, letaknya sekitar 5 menit perjalanan dari Taman Wisata Candi Borobudur, atau tepat di sebelah Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wanurejo, Kecamatan Borobudur.

Mobil-mobil itu ditata sedemikian rupa, ada yang jungkir balik, dipotong, dicat ulang, dihias, ditambah ornamen-ornamen bak di sebuah kota kuno di Eropa.

"Biasanya mobil rongsokan dianggap tidak berguna, tapi bagi kami dengan penataan sedemikian rupa bisa jadi spot menarik," kata Galang, ditemui Kompas.com, Sabtu (7/4/2018).

Ide itu muncul karena saat ini obyek wisata buatan dengan unggulan spot foto sedang digemari wisatawan.

"Sebagian besar mobil di taman ini adalah koleksi pribadi kami. Tapi ada juga mobil yang sengaja dibeli untuk menambah spot foto," katanya.

Galang berujar, tempat ini berdiri di tanah bengkok seluas 2.000 meter persegi milik Kepala Desa Wanurejo, dengan sistem bagi hasil pendapatan.

"Kami berkerja sama dengan sistem bagi hasil, yakni 50 persen pengelola, 40 persen kepala desa dan 10 persen BUMDes Wanurejo," katanya.

Pengunjung cukup membayar tiket Rp 15.000 per orang untuk masuk dan berfoto sepuasnya. Lalu membayar parkir mobil Rp 4.000 dan sepeda motor Rp. 2.000. Taman ini buka mulai pukul 08.00 - 18.00 WIB.

"Ke depan akan ditambah spot foto baru dan buka sampai malam kalau semua sudah siap," katanya.

Di kafe itu disediakan bermacam menu makanan dan minuman mulai dari kopi, teh, sampai nasi goreng Junkyard.

https://travel.kompas.com/read/2018/04/09/095300227/junkyard-taman-rongsokan-mobil-yang-instagramable-dekat-borobudur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke