Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadi Maskapai Terbaik Dunia, Ini 8 Fakta Katering Singapore Airlines

Khusus makanan, Singapore Airlines menunjuk katering untuk melayani makanan di penerbangan dalam jumlah cukup fantastis. Berikut adalah fakta mengenai katering makanan dalam penerbangan Singapore Airlines, dari katering Gate Gourmet di Swiss:

1. Jumlah Makanan Fantastis

Dari katering di Swiss saja, ada 50.000 porsi makanan yang diperlukan Singapore Airlines. Dalam lima jam, katering harus memasak 1.500 porsi makanan.

2. Bahan Makanan

Dalam satu pekan, butuh 650 daging tenderloin, lebih dari 200 galon krim, dan 96.150 roti gulung. Semua dibuat dari bahan dasar oleh katering bukan dari makanan beku.

3. Menu Tidak Selalu Sama

Selama satu atau dua bulan sekali menu makanan di Singapore Airlines akan diganti. Koki perlu proses tiga bulan untuk mengganti menu makanan baru.

4. Menu Makanan Tersulit

Disebutkan makanan yang paling kompleks atau paling sulit dibuat oleh katering adalah makanan etnik yang memerlukan banyak rempah dan bumbu. Makanan tidak boleh salah dibuat, satu kali salah resep berarti ada 17 kilogram limbah makanan yang dihasilkan.

5. Mempertahankan Tekstur Makanan

Untuk mempertahankan tekstur makanan sampai ke penumpang, maka makanan di katering dibuat setengah matang lalu didinginkan selama empat jam dalam suhu 10 derajat celcius. Makanan kemudian diantarkan ke pesawat dan dihangatkan agar matang sempurna ketika sampai ke penumpang.

6. Porsi Makanan Penting

Ternyata porsi makanan dalam penyajian juga sama pentingnya. Semua harus sama karena porsi berbeda dapat menyebabkan kecemburuan antar sesama penumpang.

7. Penyajian Makanan Kelas Ekonomi dan Bisnis Berbeda

Untuk membedakan makanan kelas ekonomi ditutupi kertas alumunium dan dapat dihangatkan langsung. Makanan kelas bisnis dipisahkan antara saus dan bahan. Kemudian setelah dipanaskan dipindahkan ke piring oleh pramugari.

8. Membersihkan Peralatan Makan

Butuh mesin khusus dengan sabun khusus untuk menjaga peralatan makan tetap bersih dan mengilat.

https://travel.kompas.com/read/2018/04/12/100800727/jadi-maskapai-terbaik-dunia-ini-8-fakta-katering-singapore-airlines

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke