Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Hanya di Jepang, Indonesia Juga Punya Pulau Kucing

Nah, di Indonesia sendiri, tepatnya di Kepulauan Sula, Maluku Utara, terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Kucing.

Dari namanya yang begitu unik, membuat saya tertarik untuk berkunjung ke sana. Kabarnya, di pulau tersebut memang menjadi tempat pembuangan kucing di Kepulauan Sula.

Saya pun bergegas untuk berangkat dari Sanana ke Desa Fukweu. Pulau Kucing merupakan pulau tersendiri di mana saya pun harus menyeberang menggunakan perahu.

Waktu menyeberang tak begitu lama, hanya sekitar 10 hingga 15 menit saja. Begitu sampai, saya pun langsung melihat papan pertanda saya telah tiba di Pulau Kucing.

Begitu gembiranya saya benar-benar menemukan kucing-kucing di sana. Saya pun mendekat. Ketika itu kucing-kucing tersebut sedang lahap makan bersama.

Namun, begitu iba ketika saya melihat kondisi kucing yang ada di sana.

Saya pun tak mengetahui mengapa kondisi kucing di sana sedemikian rupa. Kepala Desa Fukweu, Nuh Buamuna mengatakan bahwa sebenarnya kucing tersebut telah diasingkan.

“Sebenarnya awalnya pulau ini adalah tempat pembuangan kucing. Tetapi kucing-kucing itu tetap kita beri makan di sini,” ujar Buamuna di Pulau Kucing beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan dulu sekali banyak sekali populasi kucing. Namun, semakin ke sini, jumlah kucing makin berkurang, sisanya hanya sekitar 20 hingga 30 ekor kucing.

“Tahun 2017 Pulau Kucing ini pun dibuat menjadi tempat pariwisata dengan dana desa. Wisatawan yang datang ke sini pun baru masyarakat yang ada di Kepulauan Sula,” kata dia.

Dengan demikian Buamuna berharap pariwisata di Pulau Kucing dan yang ada di Kepulauan Sula bisa dikenal tidak hanya oleh wisatawan lokal tetapi juga mancanegara.

https://travel.kompas.com/read/2018/04/20/165800227/tak-hanya-di-jepang-indonesia-juga-punya-pulau-kucing-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke