Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Polewali Mandar, Wisatawan Bisa Santap Durian Langsung di Kebun

Sekelompok pemuda di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menggagas agrowisata buah durian otong yang terletak di atas ketinggian 500 meter dari permukaan laut.

Di tempat ini, pencinta durian dapat memilah dan memetik buah durian sesukanya langsung dari pohonnya. Wisatawan bisa membawa pulang buah kesukaannya atau disantap langsung di tengah areal perkebunan yang rindang dan asri tersebut.

Kawasan Kebun Raya Bulo Kecamatan Bulo Polewali Mandar yang disulap jadi kawasan agrowisata buah merupakan  milik Aco Masruddin Mogot. Agrowisata buah durian Kebun Raya Bulo terletak di Bukit Merdeka, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Ratusan pohon durian jenis otong dan varietas lain termasuk varietas asal Malaysia dan lokal Indonesia tampak berjejer rapih di areal perkebunan yang berada di atas kawasan perbukitan.

Meski belum lama diresmikan para petani sebagai kawasan wisata buah, sekitar satu tahun lebih, namun agrowisata buah ini mulai memikat hati para wisatawan lokal maupun luar Polewali, termasuk Sulawesi Selatan, Palu dan Kalimantan.

Di hari libur agrowisata buah durian di kawasan ini bisanya ramai dikunjungi wisatawan. Mereka sengaja datang langsung ke lokasi perkebunan ini lantaran penasaran dengan buah durian otong yang beratnya bisa mencapai delapan kilogram per buah.

Pengunjung tidak perlu ragu salah pilih, sebab jika durian yang dipilih rusak atau busuk karena terserang hama, tidak perlu khawatir karena akan diganti oleh pemilik kebun dengan durian yang lain.

Rahmayani, salah seorang pengunjung Agrowisata Kebun Raya Bulo mengaku sengaja datang langsung di perkebunan ini bersama rekannya.

Ia menempuh perjalanan jauh selama hampir dua jam dari ibu kota kabupaten Polewali Mandar. Rahmayani menyebut rasa khas durian otong produksi petani Bulo yang khas, manis dan legit mampu membayar keletihan akibat perjalanan.

Yang menarik, pihak pengelola mempersilahkan wisatawan menikmati buah kesukaan pilihan mereka dari lokasi mana saja. Pengunjung bisa menikmatinya di tengah kawasna kebun yang rindang, di beberapa gasebo yang disediakan atau tempat mana saja yang Anda pilih.

Aco Masruddin Mogot, penggagas agrowisata buah durian otong bersama anggota kelompoknya mengaku ide membuat agrowisata ini lantaran melihat adanya potensi buah durian melimpah di wilayah Kecamatan Bulo.

Tanah berbukit di wilayah ini dinilai Aco sangat cocok untuk ditanami durian jenis otong dan varietas lainnya. Kemudian, ia mengandeng pemuda desa setempat untuk terlibat mengembangkan buah durian berbagai varietas yang masih jarang dijumpai.

Bagi Anda yang suka buah durian otong khas bulo yang diyakini memiliki cita rasa berbeda dengan durian otong jenis lainnya asal Thailand tersebut, tidak perlu berkecil hati.

Pasalnya pengelola agrowisata buah bukit merdeka juga membuka pesanan antar jemput via sms dengan biaya antar Rp 20.000 sekali kirim.

https://travel.kompas.com/read/2018/04/22/110000027/di-polewali-mandar-wisatawan-bisa-santap-durian-langsung-di-kebun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke