Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serunya Berinteraksi Langsung dengan Penguin

Di tangannya, siswa kelas VII SMPN 1 Kota Malang itu memegang ikan kembung ukuran kecil.

Ikan itu lantas dijulurkan ke arah kolam untuk memancing penguin atau Spheniscus humboldti yang ada di dalamnya supaya ke luar.

Benar saja, tidak lama kemudian beberapa ekor penguin keluar ke permukaan dan berjalan menggapai ikan itu. Mereka lantas memperebutkan ikan kembung yang hanya seekor.

Bagi Rachellia, melihat penguin secara langsung masih yang pertama kali. Sebelumnya, ia hanya mengetahui penguin dari gambar yang ada di internet dan dari pelajaran di sekolah.

"Senang sih dapat menambah pengalaman baru. Kita bisa belajar dengan memberikan makan," katanya.

Satwa itu didatangkan langsung dari Republik Peru, sebuah negara di Amerika Selatan sekitar empat bulan yang lalu sebanyak 11 ekor. Terdiri dari 5 ekor jantan dan 6 ekor betina.

Di Hari Penguin Sedunia ini, pihaknya menggratiskan pengunjung untuk memberikan makan atau feeding. Selain itu juga ada edukasi bagi pengunjung yang datang.

Untuk memelihara penguin itu, pihaknya menyediakan kolam khusus dengan kadar garam yang tinggi dan suhu 5 derajat celsius. Jika hari sudah menjelang sore, penguin itu masuk ke kolam khusus karantina tersebut.

Setiap bulan Eco Green Park memantau perkembangan penguin itu. Rata - rata, bobot tubuh penguin itu meningkat sekitar 300 hingga 400 gram.

Sementara itu, jika hari biasa pengunjung harus merogoh uang Rp 20.000 untuk bisa berinteraksi langsung penguin.

https://travel.kompas.com/read/2018/04/26/070100327/serunya-berinteraksi-langsung-dengan-penguin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke