Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Bedanya Es Krim, Gelato, Sorbet, dan Soft Ice Cream

JAKARTA, KOMPAS.com - Es krim tentu disukai banyak orang. Minuman berbentuk padat ini memang mantap disantap saat cuaca panas.

Di Indonesia sendiri semua minuman dingin dan beku sering disebut sama, yakni es krim. Padahal ada perbedaan mendasar antara es krim, gelato, sorbet, dan soft ice cream.

Executive Chef dari Hotel Tentrem Yogyakarta, Maranata Butar Butar menjelaskan perbedaan keempatnya saat kunjungan KompasTravel ke Hotel Tentrem, Yogyakarta, Jumat (21/4/2018).

1. Es krim 

Es krim disebutkan Maranata, akrab disapa Nata, menggunakan bahan alami. Terdiri dari telur, susu, dan krim.

Es krim dibuat dengan suhu -20 derajat Celcius. Nata menyebut, varian rasa es krim umumnya tidak bisa beragam dan memiliki rasa yang kuat.

Sebab tanpa campuran bahan kimia, adonan es krim dapat pecah. 

2. Gelato

Gelato memiliki tekstur yang lebih halus dibanding es krim. Bahan dasar yang digunakan sama dengan es krim.

Namun pembuatan gelato perlu menambahkan soft mix dan soft ice. Ini adalah bahan konsentrat dan pelembut yang aman dikonsumsi.

Berbeda dengan es krim, gelato butuh suhu lebih dingin yakni -20 sampai -25 derajat Celcius. Kreasi rasa untuk gelato juga dapat lebih beragam, dan rasa akan lebih kuat dari es krim. Nata menyebutkan saat gelato disebut es krim juga tidak salah, karena dalam bahasa Italia gelato berarti es krim. 

3. Sorbet

Bahan baku sorbet sangat berbeda dengan es krim dan gelato.

Nata menyebutkan sorbet hanya menggunakan buah, gula, sirup, dan tambahan soft ice. Oleh karena itu sorbet memiliki tekstur keras dan kasar.

Di Perancis, sorbet disebut juga granito. Cita rasa sorbet umumnya selalu segar, karena sorbet memiliki fungsi untuk membersihkan palet perasa di lidah setelah makan.  

4. Soft serve ice cream

Terakhir ada soft serve ice cream yakni susu yang dibekukan sehingga menjadi padat. Bahan dasarnya murni susu, sehingga tekstur soft serve ice cream lebih halus ketimbang gelato. 

https://travel.kompas.com/read/2018/04/26/125147927/ini-bedanya-es-krim-gelato-sorbet-dan-soft-ice-cream

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke