Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asyiknya Bersepeda Saat Hujan Salju di Belgia!

Badan terasa lebih adem, tanpa keringat membuat rasa lelah berkurang. Suasana bersepeda lebih girang ditambah rintikan bunyi hujan yang menerpa dahan-dahan dedaunan pertanda segarnya lingkungan sekitarnya.

Berbeda dengan bersepeda saat hujan salju. Temperatur di bawah minus nol derajat menyebabkan lanskap jalanan berubah cantik putih bersih.

Bila temperatur berkisar antara minus 3 derajat hingga minus 5 derajat, salju akan membeku menjadi es.

Pada hari Jumat, 2 Maret 2018, kota Brussel diterjang salju yang cukup lebat. Salju turun pada pukul 17.00 hingga dini hari membuat chaos hampir seluruh kota.

Ketebalan salju sekitar 10 cm dengan empasan angin dingin. Mobil kendaraan pribadi berjejer antre karena laju kendaraan melambat.

Pemerintah sudah memiliki langkah preventif melalui media tv, internet, media sosial secara sigap dan cepat meng-update informasi terkini ramalan cuaca.

Tepat pukul 17.10 saya meninggalkan tempat kerja (KBRI Brussel) dengan sepeda menuju rumah yang berjarak hanya 10 km dari KBRI Brussel.

Alangkah kagetnya saya bahwa hujan salju turun menebal cepat sekali. Terus terang saya menjadi tertantang untuk memanfaatkan kesempatan ini.

Karena bagaimanapun juga cuaca Belgia tidak menentu sepanjang tahun dan ramalannya tidak menentu.

Jaket tebal merah, slop tangan penahan dingin, helm pengaman serta tas punggung siap sedia menemani perjalanan unik ini. Yuhuu! Asyik! Sungguh menyenangkan.

Badan terguyur salju dengan derasnya. Anggap saja badan ini terasa seperti racikan gado-gado antara dingin di luar dan panas di dalam, bercampur menjadi satu.

Dalam perjalanan tersebut, saya sekali-kali mencuri momen "ceklek" memotret, merekam kondisi jalan, pemandangan dan lalu-lalang kendaraan.

Buat saya, bersepeda adalah sebuah pilihan utama dalam berolahraga. Bersepeda  dapat menjaga kebugaran tubuh terutama kesehatan jantung.

Sepeda yang saya gunakan adalah Optimalp series 264 seharga 139 Euro, brand tidak terkenal tapi tahan segala cuaca musim semi, panas, gugur dan musim dingin. (MADE AGUS WARDANA, tinggal di Belgia)

https://travel.kompas.com/read/2018/05/03/111000627/asyiknya-bersepeda-saat-hujan-salju-di-belgia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke