Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pendakian Kedelapan, Pendaki Asal Jepang Nobukazu Kuriki Tewas di Gunung Everest

Kuriki ditemukan tewas di sebuah tenda yang berada pada ketinggian 7.400 meter (24.278 kaki.

Demikian informasi dari pejabat departemen pariwisata Gyanendra Shrestha dari Everest Basecamp seperti dikutip dari The Japan Times.

"Sherpa menemukan Kuriki di tendanya," kata Shresta kepada Reuters.

Detail penyebab tewasnya Kuriki belum bisa dipastikan lantaran sinyal komunikasi yang buruk.

Managing Director Bochi Bochi Treks, operator pendakian Gunung Everest yang memandu Kuriki, Tika Ram Gurung mengatakan Kuriki bersama empat pemandu gunung (sherpa) telah mendaki ke area kemah lebih tinggi untuk persiapan menuju puncak Gunung Everest.

"Saya saat ini berada di ketinggian 7.400 meter di atas permukaan laut. Sekarang, saya merasa sakit dan kesulitan di gunung ini dan saya terus naik dan naik,"

"Saya ingin mendaki ke puncak Everest dengan sangat hati-hati," tulis Kuriki dalam salah satu unggahan di Facebook-nya seperti dikutip dari The Himalayan Times.

Kuriki sendiri tujuh kali gagal dalam pendakian Gunung Everest. Pada pendakian ketujuh di tahun 2012, ia kehilangan sembilan jari karena terserang radang dingin (frostbite).

Pada tahun 2015, ia telah berhasil mencapai ketinggian 8.150 meter di atas permukaan laut. Usahanya mencapai puncak gagal lantaran cuaca buruk.

Kuriki tercatat berhasil mendaki secara solo ke Gunung McKinley, Amerika Utara (2004); Aconcagua, Argentina (2005); Elbrus, Rusia (2005); Kilimanjaro, Afrika (2005), dan Carstensz Pyramid, Papua (2006).

Ia juga tercatat berhasil mendaki Gunung Cho Oyu, Tibet pada tahun 2007 dan Dhaulagiri pada tahun 2009.

Kematian Kuriki menambah daftar pendaki yang tewas di Gunung Everest. Pekan lalu, pendaki Macedonia Gjeorgi Petkov (63) tewas di Gunung Everest.

Gunung Everest adalah gunung tertinggi di tujuh benua dengan ketinggian 8.848 meter di atas pemukaan laut.

Tahun 2017, ada 648 pendaki yang tercatat berhasil mencapai puncak Gunung Everest melalui jalur pendakian Nepal.

https://travel.kompas.com/read/2018/05/22/080000627/pendakian-kedelapan-pendaki-asal-jepang-nobukazu-kuriki-tewas-di-gunung

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke