Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tempat Ngabuburit Sekaligus Berburu Takjil di Bogor

Saat bulan Ramadhan, para pedagang di tempat-tempat favorit untuk wisata kuliner akan lebih banyak jumlahnya.

Menjelang sore hari berbagai stan makanan ramai menjajakan dagangannya. Mulai dari jajanan untuk takjil, hidangan utama, hingga kuliner khas Bogor dapat Anda temui di berbagai tempat yang direkomendasikan KompasTravel berikut.

Mayoritas kuliner di sini buka mulai sore hingga dini hari. Saat bulan Ramadhan, pedagang makanan lebih ramai dari biasanya.

Kawasan kuliner ini berlokasi di pertemuan Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani. Dari Istana Bogor, ambillah arah Jalan Jendral Sudirman. Sepanjang jalan itu hingga akhir bundaran bertuliskan “Air Mancur”, Anda bebas memilih berbagai jenis kuliner.

Berbagai street food dijual di sini seperti Soto Kuning Bogor, nasi goreng, bubur ayam, martabak, sate madura, sate padang hingga minuman khas di malam hari yakni bandrek, wedang, dan sekoteng.

Tak sulit menemukan tempat ibadah setelah berbuka. Tepat di sisi bundaran terdapat sebuah masjid besar.

Melipir sedikit dari pusat kota, Anda bisa berkunjung ke kawasan Jalan Veteran. Jalan ini lebih terkenal dengan kawasan Merdeka Bogor. Nama tersebut telah ada sejak zaman kemerdekaan sebagai salah satu pusat Kota Bogor di zaman itu.

Puluhan ruko yang menutup rolling door-nya sejak sore, satu per satu ditutupi gerobak-gerobak dan tenda kuliner. Di sini, mayoritas gerai berbentuk gerobak dan tenda-teda.

Aneka kuliner pun dijajakan mulai jajanan pasar, cakwe, cendol, hingga makanan berat seperti bubur ayam, soto, martabak, sate, pempek, hingga angkringan. Beberapa hidangan khas Bogor juga ada di sini, seperti asinan bogor dan doclang.

Tempat ini merupakan deretan ruko di sebuah perumahan. Meskipun wujudnya ruko, di bagian depannya berjajar puluhan tenda street food yang siap menggugah selera Anda.

Ada banyak jenis takjil, mulai dari aneka es, jajanan pasar, dan roti. Menjelang malam, giliran kuliner berat yang ramai seperti seafood, nasi uduk, nasi liwet, aneka bakaran, hingga kuliner dengan menu tradisional Sunda, Aceh, Betawi, dan Padang.

Bagi Anda yang datang dari luar kota seperti Jakarta, kawasan ini lebih mudah diakses dari pintu tol keluar Bogor Ringroad (BORR). Dari pintu keluar tol, hanya butuh waktu 10 menit perjalanan jika tanpa macet. Tepatnya berada di deretan ruko Taman Yasmin Sektor VI dengan ruko yang berderet sepanjang 200 meter.

4. Jalan Raya Bangbarung

Jalan raya ini terkenal dengan berbagai kuliner hits sepanjang jalannya, mulai kedai, tenda,  hingga berupa gerobak kuliner. Mulai dari kuliner tradisional hingga kekinian dapat ditemui di sini.

Anda dapat berbuka puasa dengan hidangan yang bervariasi. Mulai dari sop durian, aneka es dan sop buah, ayam kalasan, aneka bakso, dan berbagai kuliner kekinian yang terus berganti trennya.

Kawasan kuliner ini berlokasi di sepanjang Jalan Raya Bangbarung Bogor, Kecamatan Tegalgundil, Bogor Utara, Kota Bogor.

Jika Anda keluar dari pintu tol Baranangsiang, arahkan kendaraan ke kiri atau Jalan Pajajaran. Sekitar 15 menit perjalanan dalam kondisi jalan lancar, Anda langsung dapat berbelok ke Jalan Raya Bangbarung.

Kawasan yang dulunya hanya lapangan sepak bola ini kini menjadi salah satu wahana rekreasi warga Kota Bogor terutama saat bulan puasa. Beragam wahana seperti skatepark, taman ekspresi, playground, hingga wahana panjat tebing ramai dinikmati pengunjung.

Soal kuliner, tempat ini juga tak kalah ramai. Sejak sore hari sudah terlihat aneka takjil dan hidangan utama berjejer rapi di sekitar lapangannya.

Lokasinya berada di tengah kota. Jika anda mengitari Istana dan kebun Raya Bogor, setelah Jalan Juanda maka Anda akan menemuinya di sebelah kiri Jalan Sempur dengan landmark  tulisan "Sempur" berukuran besar.

6. Taman Kencana

TIdak jauh dari lapangan sempur, Anda bisa berjalan ke Taman Kencana sekitar lima menit saja. Taman kota ini merupakan tempat berkumpulnya anak muda, untuk sekadar menyalurkan hobi komunitas, hingga menggelar acara.

Di sore hari para pedagang mulai berdatangan, membuka stannya dan meyandarkan gerobaknya. Sebelumnya gerai-gerai permanen, hingga resto kekinian pun ada di kawasan taman ini.

https://travel.kompas.com/read/2018/06/03/150800327/6-tempat-ngabuburit-sekaligus-berburu-takjil-di-bogor

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke