Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sambut Wisatawan Libur Lebaran, Kalibiru Tambah Wahana Baru

Pengunjung destinasi wisata di Kalibiru, Kulon Progo, Yogyakarta melonjak tajam sampai 250 persen setiap harinya. Rata-rata pengunjung Kalibiru sedikitnya 200 orang per hari di hari biasa atau bisa sampai 300 orang per hari di hari libur.

Kini, pengunjung mencapai 600-800 orang per hari terpantau di 3 hari belakangan ini. "Pengaruh cuti panjang lantas orang memanfaatkan untuk wisata. Saya juga tanya ke wisatawan di jeep, katanya, mereka mudik dan sekalian wisata dulu ke Kalibiru," kata Soemarjono, Ketua Kelompok Sadar Wisata Kalibiru, Kamis (14/6/2018).

Wisatawan memang menyempatkan piknik di masa cuti panjang dan libur lebaran. Kalibiru juga merupakan incaran bagi yang ingin wisata ke Kulon Progo. Berdasarkan pantauan, banyak kendaraan dari luar Yogyakarta yang mendominasi area parkir.

Ia memperkirakan pengunjung akan terus bertambah selama musim lebaran ini. Berkaca dari beberapa pengalaman di tahun-tahun yang lalu, puncak pengunjung diperkirakan jatuh di H2 dan H3.

Untuk semakin menarik minat pengunjung, mereka menambahkan 2 wahana spot foto baru di dalamnya. Yakni, spot kano dan gantole. Kedua wahana memperkaya wahana lainnya sebelumnya high rope, panggung, spot 1, bundar, spot 2 spot 3 dan spot oval.

"Kami mulai Senin untuk gantole dan kano. Wisatawan sudah mulai datang untuk beberapa spot baru ini," kata Sumarjono.

Chintya mengaku terkejut dengan pemandangan sebagus Kalibiru. Kalibiru mengandalkan panorama sebuah danau yang terbangun dari Waduk Sermo. Waduk dikelilingi hampar pohon hijau, termasuk nyiur yang cukup dominan.

Sebelah barat terdapat barisan bukit Menoreh. Sedangkan di kejauhan terlihat garis putih yang menunjukkan buih ombak pantai Selatan.

Ia baru mengetahui kalau dari Kalibiru maka penunjung bisa menyaksikan semua panorama alam itu dari ketinggian sekitar 450 mdpl.

Kali ini, mereka segaja keliling Yogyakarta untuk wisata pada libur lebaran.

"Kemarin ke Borobudur sekarang Kalibiru. Kami semua menginap di hotel dan jalan-jalan. Tidak menyangka, pintar juga orang di daerah bikin obyek wisata seperti ini," kata Chintya.

Kalibiru 2

Sambut wisatawan, Kalibiru membuka destinasi kedua yang dinamai Kalibiru 2. Lokasinya tidak jauh dari yang pertama, memiliki jalan sama dan dekat dengan destinasi Pulepayung.

"Kalibiru 2 ini belum kami tarik tiket. Wisatawan bisa masuk dan silahkan sukarela saja, ya untuk kebersihan dan pegawai saja," katanya.

"Hanya saja spot foto (bintang dan jeep wilis)," tambah Sumarjono.

https://travel.kompas.com/read/2018/06/15/171600127/sambut-wisatawan-libur-lebaran-kalibiru-tambah-wahana-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke