Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menpar: Saya Ingin Seni dan Budaya Banyuwangi Terus Eksis...

Dalam pertunjukkan ritual ini ribuan wisatawan nusantara dan mancanegara berbaur menangkap momen sakral setiap tiga tahun sekali ini.

Kembang dermo adalah bunga yang ditancapkan di bilah bambu yang dijual oleh penari seblang sebagai simbol harapan masyarakat Olehsari.

Warga di Banyuwangi percaya bahwa dengan meminum rendaman kembang bisa membuat enteng rejeki, jodoh serta keselamatan. Karena itu, Menpar membagikan Kembang Dermo yang diborong kepada masyarakat untuk berbagi kebahagiaan

“Budaya itu makin dilestarikan makin mensejahterakan. Saya ingin seni dan budaya Banyuwangi terus eksis dan mendapatkan panggung untuk bisa ditampilkan ke khalayak luas”, kata Arief dalam siaran pers yang diterima KompasTravel.

Dalam kesempatan ini Menpar Arief menyerahkan bantuan Sound System ke Ketua Adat Olehsari sebagai bentuk dukungan untuk mendorong penguatan budaya Olehsari di Banyuwangi.

Ritual Seblang merupakan tarian supranatural untuk bersih desa yang diperankan seorang perempuan muda yang masih perawan dan keturunan dari penari Seblang pertama. Banyak penonton yang penasaran dengan sosok penarinya.

“Hasilnya tergantung dari petunjuk roh leluhur yang merasuki tubuh tetua adat. Tahun ini yang terpilih Susi Susanti. Dia remaja berusia 18 tahun,” kata Ketua Adat Desa Olehsari, Ansori.

Ada mantera yang dirapalkan, kemenyan yang dibakar, dan nampan berisi mahkota seblang. Jika nampan tersebut jatuh ke tanah, pertanda raga penari telah berganti jiwa. Penari yang telah berganti jiwa akan melempar selendang ke arah penonton.

Penonton yang terkena selendang wajib untuk naik ke pentas dan menari bersama Seblang. Siapa yang menolak, dalam hitungan tak lebih dari satu menit akan tak sadarkan diri dalam ritual yang digelar tujuh hari berturut-turut ini.

https://travel.kompas.com/read/2018/06/20/091500127/menpar--saya-ingin-seni-dan-budaya-banyuwangi-terus-eksis-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke