Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudik Lewat Cirebon, ini 6 Tempat Beli Oleh-oleh Khasnya

Kota di bibir pantai utara Jawa ini memiliki berbagai kudapan khas, baik tradisional maupun modern, yang bisa dibawa wisatawan. Anda bisa membawa pulang mulai dari krupuk, sambal, tape ketan, hingga sirup yang tentunya khas.

Agar tidak bingung, berikut KompasTravel berikan referensi tempat-tempat untuk berburu oleh-oleh khas Cirebon tersebut.

1. Kampung Batik Trusmi

Terkenal dengan batiknya, Trusmi merupakan nama sebuah kampung atau desa penghasil batik khas Cirebon. Di kampung ini Anda bisa mendapatkan ragam batik Cirebon, termasuk model Mega Mendung, yang konon berasal dari Kampung Trusmi ini.

Untuk menuju ke sini, Anda bisa masuk lewat Jalan Raya Plered, yang merupakan salah satu sentra oleh-oleh juga. Gerai batik tersebar di daerah Trusmi Kulon.

Selain baju batik, toko-toko di sana lazimnya menjual selendang, pasmina, dan kain batik. Anda juga bisa berbelanja pernak pernik yang masih bernuansa batik, seperti dompet, gelang, kalung, gelas, dan berbagai aksesori lucu.

Harga yang diberikan sangat bervariasi. Baju batik anak dibanderol mulai Rp 20.000, hingga jutaan rupiah untuk kain batik tulis.

Bagi yang bosan berbelanja sandang, Anda bisa berkunjung ke pusat oleh-oleh kuliner atau menikmati permainan anak-anak. Anda bahkan bisa pijat refleksi jika lelah setelah berbelanja.

Sepanjang jalan raya yang tersambung ke Jalur Pantura ini berjejer gerai oleh-oleh khas Cirebon dan kuliner empal gentong.

Berbagai gerai tersebut menjual aneka krupuk, sirup tjampolay, terasi petis, krupuk udang, dan kudapan lainnya khas Cirebon lainnya.

Namun salah satu yang wajib Anda bawa dari sini ialah kerupuk aneka rasa. Kerupuk plered sangat khas karena dikombinasikan dengan berbagai bumbu. Seperti kerupuk serundeng pedas, kerupuk bumbu rendang, kerupuk balado, kerupuk sambal goreng, dan lainnya.

Aneka kerupuk ini dijual dengan harga yang beragam, mulai dari Rp 15.000 untuk kerupuk pasir berbumbu.

Saat musim mudik, jalan ini semakin malam semakin ramai. Banyak juga wisatawan yang berburu empal gentong di sini.

Lokasi yang satu ini amat populer bagi wisatawan yang suka melancong ke Cirebon sejak tahun 1990-an. Pasar Pagi merupakan salah satu pasar yang menjual aneka produk khas Cirebon. Mulai dari sirup, kripik, krupuk, ikan asin, petis, dan sebagainya.

Pasar yang terkenal dengan harganya yang relatif murah ini terletak di Jl Siliwangi. Terlebih jika Anda pintar menawar, suasana belanja akan semakin menarik.

Walaupun namanya Pasar Pagi, Anda juga bisa belanja oleh-oleh saat siang hingga sore hari. Pasar ini buka pukul 07.00 WIB, cocok bagi Anda yang pulang mudik pagi hari.

Di bagian lantai dasarnya penuh dengan toko-toko penjual oleh-oleh khas Cirebon. Aneka camilan yang dijual seperti kerupuk rambak, kerupuk pasir, rengginang udang, gapit, kripik gemblong, dan lainnya.

Selain itu ada juga sirup Tjampolay aneka rasa yang legendaris, terasi, petis, dan abon udang.

4. Pasar Kanoman

Tempat berburu oleh-oleh lainnya yang terkenal murah adalah Pasar Kanoman. Selain menjual ragam camilan dan sirup, di sini juga terkenal dengan oleh-oleh buah dan manisannya.

Salah satu buah yang tidak boleh Anda lewatkan ialah mangga gincu. Berbeda dengan mangga harum manis, mangga ini memiliki rasa manis dengan sedikit asam yang tipis di awal. Harumnya pun berbeda.

Meski mangga ini berasal dari Indramayu, tetapi banyak beredar dan dipasarkan di Cirebon sebagai oleh-oleh berupa buah segar ataupun manisan.

Selain buah, di Pasar Kanoman Anda juga bisa membeli kerupuk aneka rasa, rengginang, kerupuk udang, pisang sale, petis atau terasi cirebon, sirup tjampolay, dan ikan asin.

5. Toko khusus oleh-oleh

Selain sentra-sentra oleh-oleh tersebut, Anda juga bisa memperoleh buah tangan khas Cirebon di toko-toko besar khusus menjual oleh-oleh. Seperti Toko Daud, Toko Pangestu, EB Batik Cirebon, Cirebon Kelana, dan lainnya.

Toko-toko tersebut tersebar di Kota dan Kabupaten Cirebon, salah satunya di Jalan Siliwangi yang tidak jauh dari Pasar Pagi Cirebon.

Aneka oleh-oleh di toko tersebut sudah terbilang lengkap. Mulai dari kripik, sambal, sirup Anda bisa dapatkan. Namun, harga yang tertera merupakan harga pas, tidak bisa ditawar lagi.

https://travel.kompas.com/read/2018/06/20/162100727/mudik-lewat-cirebon-ini-6-tempat-beli-oleh-oleh-khasnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke