Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yuk, Tengok Jakarta Masa Lalu di 5 Kawasan Wisata Sejarah Ini

Berkunjung sekaligus belajar sejarah tentang Jakarta bisa jadi alternatif untuk merayakan HUT ibu kota RI. Mari menengok Jakarta di masa lalu pada 5 kawasan wisata sejarah ini.

Di kawasan Kota Tua Jakarta, Anda bisa mengunjungi beberapa gedung peninggalan Belanda yang sekarang dialihfungsikan menjadi museum. Seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Bahari, dan Pelabuhan Sunda Kelapa. 

Selain belajar sejarah dengan mengunjungi museum, Anda juga bisa menikmati arsitektur Belanda dengan bersepeda ontel dan menikmati hidangan khas Betawi seperti kerak telur. 

2. Weltevreden, Jakarta Pusat

Anda bisa mengunjungi beberapa penginggalan yang saat ini masih bisa ditengok. seperti Gedung Kesenian Jakarta, Museum Kebangkitan Nasional, Rumah Raden Saleh, dan masih banyak lagi. 

Jatinegara merupakan gerbang Benteng Belanda Meester Cornelis yang berfungsi untuk akses ke arah Buitenzorg, yang sekarang kita sebut Bogor.

Beberapa peninggalan sejarah yang bisa Anda kunjungi salah satunya adalah Pasar Lama Jatinegara yang masih sering disebut sebagai Pasar Mester.

Peninggalan lainnya adalah Stasiun Kereta Api Jatinegara masih berfungsi sampai saat ini, rumah langgam Cina, dan kelenteng. 

Masyarakat yang tinggal di daerah ini masih menjaga tradisi masa lalu, seperti tradisi rebo-rebo yang di adakan setiap 1 Januari. Tradisi ini dilakukan dengan main keroncong tugu dari rumah ke rumah dan makan di rumah terakhir. 

Tradisi lainnya adalah budaya mandi-mandi. Anda juga bisa mengunjungi Gereja Tugu.

Kawasan ini disiapkan oleh Hindia Belanda sebagai kawasan pemukiman baru dengan nama Kebayoran Ilir. Jalan Melawai di Blok M duhulu merupakan kawasan anak gaul Jakarta di era '80-'90 an. 

https://travel.kompas.com/read/2018/06/21/181014427/yuk-tengok-jakarta-masa-lalu-di-5-kawasan-wisata-sejarah-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke