Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menikmati Kuliner Khas Raja Ampat di Dinginnya Kota Bandung

Tepatnya di Pamor Restoran Nara Park, Bandung. Di sini, pengunjung bisa menikmati aneka makanan khas Nusantara. Salah satu yang menjadi andalan adalah Sabrah Aubiah Raja Ampat.

"Rasanya itu pedas, asam, manis," ujar Executive Chef Pamor Restaurant, Sunar Setiawan kepada Kompas.com, Senin (16/7/2018).

Sunar menjelaskan, di daerah asalnya, Sabrah Aubiah menggunakan ikan arwana yang terkenal mahal dan berukuran besar. Hal itu sesuai dengan kebiasaan orang Papua yang makannya cukup kuat.

"Komunitas orang sana (Papua) makannya agak kuat. Jadi memang makan dalam jumlah besar, seperti babi guling, kambing guling," tuturnya.

Begitu pun dengan Sabrah Aubiah, di Raja Ampat menu ini disantap ramai-ramai dalam jumlah yang besar. Namun di Pamor, ukuran ikan disesuaikan dengan kebiasaan konsumsi orang Bandung, Jakarta, dan sekitarnya.

"Kami menggantinya dengan ikan nila merah. Satu porsi sekitar 400-450 gram. Dengan ukuran itu bisa untuk dua orang. Apalagi konsep kami memang family," ucapnya.

Namun mengenai rasa, Sunar meyakinkan, tidak jauh berbeda dengan daerah aslinya. Sebab tata cara memasaknya pun sama.

Ikan dimasak dengan berbagai bumbu pilihan. Untuk kuah kentalnya, kerang dikeringkan lalu dihancurkan dan dimasak dengan cabai, bawang, serta belimbing wuluh.

Untuk kuahnya, Sunar juga menggunakan berbagai bumbu lainnya sebagai penguat rasa. Kemudian ikan dimasak di api kecil dengan waktu yang cukup lama.

"Proses memasak yang cukup panjang ini membuat bumbu meresap ke dalam daging ikannya dan rasa kuahnya juga menjadi tajam," katanya.

Di Papua, menu ini dipasangkan dengan papeda yang terbuat dari sagu pilihan. Di Bandung, makanan ini disandingkan dengan seporsi nasi panas, sehingga cocok dengan dinginnya udara Bandung.

https://travel.kompas.com/read/2018/07/16/212100527/menikmati-kuliner-khas-raja-ampat-di-dinginnya-kota-bandung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke