Salin Artikel

Icip-icip Murtabak, Martabak Asal Singapura...

SINGAPURA, KOMPAS.com - Jika berkunjung ke Singapura, Anda patut mencicipi kuliner murtabak di Singapore Zam Zam Restaurant.

Lokasinya di North Bridge Road, tak jauh dari Masjid Sultan, Kampung Gelam, Singapura.

Sekilas, murtabak mirip dengan martabak yang ada di Indonesia. Baik dari adonannya, cara memasaknya, tekstur dan isinya.

Bedanya, murtabak di sini punya varian daging yang bermacam-macam. Seperti daging rusa, domba, sapi, ayam, serta sarden.

Murtabak daging rusa paling terkenal dan paling dicari pecinta kuliner.

Murtabak bisa Anda pesan dengan empat ukuran yaitu small, medium, large dan extra large. Penulis pun mencoba Murtabak Sarden yang berukuran medium.

Ukuran medium idealnya bisa untuk dimakan 3-4 orang. Saking besarnya, penulis dengan dua orang teman pun tak mampu menghabiskan satu porsi murtabak tersebut.

Murtabak di sini disajikan dengan bumbu kari yang luar biasa gurih. Ada juga saus tomat dan mentimun yang disediakan sebagai pelengkap.

Tekstur murtabak mirip seperti roti canai yang biasa kita temukan di Indonesia. Karenanya, dijamin, Anda akan sangat kenyang dengan hanya makan murtabak.

Cara makannya, Anda bisa pakai garpu dan sendok atau langsung menggunakan tangan.

Satu porsi murtabak dibanderol dengan harga mulai dari 5-18 dollar Singapura. Jadi soal murah atau mahal, tergantung ukuran yang Anda pesan.

Restoran makanan Muslim yang diklaim berdiri sejak 1908 ini bahkan disebut sebagai penjual murtabak pertama di Singapura. Kedai ini buka sampai pukul 23.00 waktu setempat.

Anda bisa menikmati murtabak langsung di tempat, atau dibawa pulang ke hotel atau penginapan.

Jika makan di tempat, Anda bisa makan di lantai 1 atau 2. Tenang, tempatnya sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan sehingga Anda tak perlu kepanasan.

Selain murtabak, Anda juga bisa memesan Nasi Briyani dengan berbagai macam varian. Ada Nasi Briyani dengan daging rusa, domba, sapi dan ikan.

Ada juga kari kepala ikan yang menggugah selera.

Anda haus? Jangan khawatir, berbagai minuman pun disajikan. Mulai dari teh tarik sampai kopi, Milo, dan minuman dingin-panas lainnya ada. Ukurannya pun jumbo!

https://travel.kompas.com/read/2018/07/16/222400327/icip-icip-murtabak-martabak-asal-singapura-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.