Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Dia Sejarah Bubble Tea dari Taiwan

JAKARTA, KOMPAS.com - Minuman bubble tea sempat menjadi tren di Indonesia beberapa tahun lalu. Sampai saat ini masih banyak gerai bubble tea di pusat perbelanjaan dan memiliki pelanggan setia.

Bubble tea sendiri sebenarnya berasal dari Taiwan dan sudah ada sejak 1980-an. Bagaimana sejarahnya?

"Kalau di Taiwan ada dua merek yang terkenal. Dua-duanya ini mengklaim kalau mereka adalah pelopor," kata representatif dari Taiwan, John saat KompaTravel diundang menjajal enam taman bermain di Taiwan, Taichung, Selasa (10/7/2018).

Dua merek tersebut adalah Chun Shui Tang dan Hanlin Tea. Pada situs resmi Hanlin Tea, disebutlan bahwa pendirinya bernama Tu Zonghe, membuat kreasi teh susu mutiara pertama di dunia pada 1986.

Kala itu dibuatlah bulatan dari tepung tapioka warna hitam dan putih, layaknya bundaran Yin dan Yang, lambang Taichi.

Sedangkan pada versi Chun Shui Tang, disebutkan jika sang pendiri Lin Xiuhui pada 1987, melakukan eksperimen sepulang dari pasar. Ia membuat teh susu es, teh hitam lemon, dan mutiara dari tepung beras berwarna merah muda. Lantas jadilah bubble tea. 

"Dari Taiwan ini kemudian bubble tea atau kami sebut zhenzhu naicha ini menyebar ke China daratan, lalu menyebar terus sampai ke luar negeri," kata John.

Sangat mudah menemukan gerai bubble tea di Taiwan. Memasuki kota besar, biasanya selalu ada gerai bubble tea dengan aneka merek. Uniknya, tidak ada merek bubble tea yang dijual di Indonesia.

"Kami lumayan sering minum bubble tea. Tidak sehat sih kami sadar, tapi orang-orang kan suka makan yang tidak sehat," canda John.

Sedangkan tour leader kami, Vivian mengatakan dia jarang minum bubble tea. Kalaupun minum, ia pasti mengurangi persentase gula sampai 30 persen saja.

"Buat diet, tidak minum yang manis-manis," canda Vivian.

Ia memberi tips jika ingin minum bubble tea yang sehat, pilihlah dari susu segar buka susu manis. Namun rasa bubble tea dari susu segar tidak seenak yang susu manis.

Jika ke Taiwan, jangan sampai lewatkan minum bubble tea dari negara asalnya. Belum afdol ke Taiwan jika tidak mencicipi bubble tea. 

https://travel.kompas.com/read/2018/07/19/162800727/ini-dia-sejarah-bubble-tea-dari-taiwan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke